Sukses

Mengenang Kiprah Mendiang Alex Asmasoebrata, Balap Mobil hingga Jajal Politik

Mantan pembalap nasional, Alex Asmasoebrata, meninggal dunia, Sabtu (2/1/2021) pagi WIB. Alex meninggal di usia 69 tahun setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pembalap nasional, Alex Asmasoebrata, meninggal dunia, Sabtu (2/1/2021) pagi WIB. Alex meninggal di usia 69 tahun setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Nama Alex Asmasoebrata lekat dengan dunia balap, terutama mobil. Pria kelahiran 23 Juni 1951 ini pernah menjadi juara nasional dan seangkatan dengan para pembalap, seperti Aswin Bahar, Tinton Suprapto, dan Dolly Indra Nasution.

Alex pensiun dari dunia balap pada tahun 2000. Ia terakhir kali turun di kelas Expert Kejurnas Gokart dan Balap Turing.

Setelah pensiun, Alex masih sempat kembali mengaspal pada awal Februari lalu. Ia turun di ajang Kejurnas Gokart Eshark ROK Cup seri pertama di sirkuit Sentul.

Alex sendiri mengawali karier di dunia balap lewat ajang go kart. Ia pernah turun di sirkuit Ancol hingga Sentul dan merengkuh berbagai gelar juara.

 

 

Saksikan Video Alexandra Asmasoebrata di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hobi Tenis dan Berkuda

Selain balapan, Alex diketahui juga hobi menekuni olahraga lain, yakni tenis dan berkuda. Bahkan, ia pernah menjabat sebagai Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI).

Alex juga pernah mencicipi dunia politik dengan sempat bergabung ke PDI, PDI-Perjuangan, dan Partai Demokrat pada 2014.

3 dari 3 halaman

Diturunkan ke Sang Anak

Kecintaan Alex kepada dunia balap menurun kepada putrinya, Alexandra Asmasoebrata. Alexandra diketahui pernah berkiprah di ajang Formula Renault Asia.

Sama seperti ayahnya, Sandra--anggilan akrab Alexandra--mengukir berbagai prestasi baik di level nasional dan internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.