Sukses

Gresini Racing Kembali Jadi Tim Independen, Bakal Tetap Pakai Aprilia?

Liputan6.com, Roma - Tim asal Italia Gresini Racing akan kembali berstatus independen mulai MotoGP 2022. Mereka bakal terus berpartisipasi usai menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun.

Tampil di kelas utama Kejuaraan Dunia Balap Motor sejak 1997, Gresini Racing merupakan saksi hidup peralihan dari 500cc ke MotoGP.

Pada 2015 mereka menjadi tim pabrikan setelah dipilih Aprilia yang coba mengukuhkan diri sebagai kekuatan baru. Namun, Aprilia memutuskan membentuk tim sendiri setelah bekerja sama selama tujuh tahun.

"Kami tidak akan lagi merepresentasikan tim pabrikan Aprilia. Kami akan tampil sebagai tim independen dengan tekad dan komitmen besar," ungkap Manajer Tim Gresini Racing, Fausto Gresini.

"Ada banyak pekerjaan besar di depan mata. Kami akan umumkan perkembangannya seiring berlajannya waktu," sambungnya, dilansir situs resmi MotoGP.

 

2 dari 5 halaman

Rapor Gresini Racing

Gresini Racing pertama kali tampil bersama Honda. Mereka meraih 14 kemenangan, tiga runner-up, dan 41 podium selama tampil di kelas utama.

Tim berbasis Faenza ini diperkirakan akan tetap menjadi tim satelit Aprilia pada 2022.

3 dari 5 halaman

Kerja Sama dengan Perusahaan Indonesia

Sebelumnya Gresini Racing juga bekerja sama dengan perusahaan manajemen olahraga asal Indonesia MP1 menyambut gelaran MotoGP di Indonesia pada 2021. Kesepakatan mereka nantinya hadir di setiap kategori yakni MotoGP, Moto2, Moto3, dan MotoE.

"Kami memiliki visi sama seperti MP1 dan bertekad terus membangun hubungan hingga semakin kuat. Tujuannya adalah membentuk satu tim yang mewakili Indonesia. Kami berterima kasih kepada MP1 atas kepercayaan untuk proyek ini," ungkap Gresini, Oktober lalu.

4 dari 5 halaman

Reaksi Dorna

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengaku senang dengan adanya kesepakatan ini. Dia menilai hubungan MP1 dan Gresini Racing akan membantu berkembangnya MotoGP karena Indonesia adalah pemain kunci dalam kejuaraan dunia balap motor.

“Kontrak ini menjadi momen sempurna menandai kembalinya MotoGP ke Indonesia. Kami menyambut seluruh manajemen dan staff MP1 ke dalam olahraga ini dan tidak sabar menyaksikan bertumbuhnya kemitraan ini ke depannya,” tutur Ezpeleta.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini