Sukses

Ukir Sejarah, Bocah Perempuan 7 Tahun Sanggup Angkat Beban 80 Kg

Ayahnya percaya, Rory van Ulft merupakan bocah perempuan terkuat di dunia untuk kategori umur dan berat badan sepertinya.

Liputan6.com, Jakarta Rory van Ulft, bocah perempuan berusia 7 tahun di Kanada mampu mengangkat beban seberat 80 kg. Ayahnya, Cavan van Ulft percaya, tidak ada bocah lain di dunia yang mampu menandinginya saat ini. 

Seperti dilansir dari AS, Rory kini tercatat sebagai juara nasional Amerika Serikat kelompok usia U-11 dan U-13 termuda sepanjang sejarah. Dia telah melakukan angkatan seberat 32 kg, lalu 42 kg untuk kategori tarik, 61 kg untuk kategori skuat, dan 80 kg untuk kategori deadlifts (sebatas pinggang).    

Rory Ulft sebenarnya tidak berniat menjadi atlet angkat berat. Awalnya dia justru berlatih senam. 

Namun Rory sadar tanpa dukungan tubuh yang kuat, dia berpotensi mengalami cedera.    

Dia kemudian beralih ke cabang angkat berat. Ternyata Ulft sangat tertarik di cabang barunya.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkuat di Dunia ?

Dia kemudian berlatih berbagai jenis angkatan. Tidak hanya itu, dalam setiap penampilannya, Ulft berusaha tampil atraktif lewat tato sementara yang menempel di badannya.

"Berdasarkan pencapaiannya saat ini, Rory (Ulft) bukan hanya bocah perempuan 7 tahun terkuat di dunia, tapi dia mungkin merupakan bocah tujuh tahun baik untuk kategori pria atau wanita terkuat yang pernah hidup yang pernah ikut kompetisi," kata Cavan van Ulft, ayah Rury Ulft.

 

Rory van Ulft, bocah perempuan berusia 7 tahun yang mampu mengangkat beban seberat 70 kg (Instagram)

"Dalam hal kekuatan rata-rata Rory dibandingkan dengan semua juara nasional dalam kategori berat badan rendah dan usia perempuan, saat ini tidak ada yang lebih baik dari dia," beber Cavan. 

 

3 dari 3 halaman

Pro dan Kontra

Pro dan kontra bermunculan di tengah pencapaian Rory. Mereka menyoroti mengenai etika terkait besarnya upaya dan sorotan terhadap bocah perempuan seusia Rory van Ulft. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.