Sukses

Mengenal Stephanie Frappart Wasit Wanita Pertama di Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta- Laga Liga Champions antara Juventus melawan Dynamo Kiev pada Kamis (3/12/2020) dinihari WIB akan menciptakan sejarah baru. Untuk pertama kalinya ada wasit wanita yang memimpin di Liga Champions yakni Stephanie Frappart.

Sepanjang sejarah Liga Champions belum pernah ada wanita yang menjadi wasit utama. Sejarah ini akan dipecahkan oleh Stephanie Frappart.

Terpilihnya Stephanie Frappart sebagai wasit wanita pertama di Liga Champions tidaklah mengejutkan. Tahun lalu Frappart juga menorehkan sejarah.

Wanita 36 tahun itu juga tercatat sebagai wanita pertama yang memimpin pertandingan akbar sepak bola pria di kompetisi antar klub Eropa saat menjadi wasit di Piala Super Eropa antara Liverpool melawan Chelsea.

Frappart berasal dari Prancis. Dia sudah menjadi wasit sejak 2011 ketika memimpin pertandingan di Championnat National. Karier Frappart terus menanjak sejak saat itu.

 

 

2 dari 4 halaman

Final Piala Dunia

Pada 2014, Frappart sudah memimpin divisi tiga sepak bola pria di Prancis. Frappart kemudian menjadi wanita pertama yang memimpin di Ligue 2.

FIFA kemudian mempercayakan Frappart ikut menjadi wasit di Piala Dunia Wanita 2019. Di ajang bergengsi itu Frappart berkesempatan memimpin partai final antara Amerika Serikat melawan Belanda.

3 dari 4 halaman

Ronaldo

Sejak April 2019, Frappart juga dipercaya menjadi wasit wanita pertama yang mengadili pertandingan Ligue 1. Debutnya terjadi pada 28 April 2019 di laga Amiens vs Strasbourg.

Debut Frappart di Liga Champions akan terasa istimewa karena dia kemungkinan akan memimpin pertandingan yang dimainkan Cristiano Ronaldo.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini