Sukses

'Maradona' Bawa Napoli Menang Sehari Setelah Kematiannya

Kepergian Diego Maradona menyisakan luka mendalam bagi klub Napoli.

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan emosional diraih Napoli di ajang Europa League 2020 usai mengandaskan perlawanan tim Kroasia, Rijeka, Kamis dini hari WIB (27/11/2020). Selain menjaga peluang untuk melaju ke babak 16 besar, hasil ini menjadi momen tetap dalam menghormati kepergian legenda klub, Diego Maradona.

Maradona yang sukses membawa Napoli dua kali juara Serie A, meninggal dunia, Rabu (25/11/2020). Pemain yang menjadi 'dewa' di Selatan Italia itu wafat di usia 60 tahun akibat serangan jantung. 

Kepergian Maradona tentu meninggalkan duka mendalam bagi Napoli dan para penggemarnya. Dan untuk mengenang sosok fenomenal itu, skuat Napoli menggelar upacara penghormatan sebelum kick off. Stadion San Paolo yang menjadi lokasi laga juga dihiasi dengan berbagai poster Maradona.

Seluruh para pemain Napoli juga mengenakan kostum bernomor punggung 10 yang identik dengan Maradona. Layar raksasa yang biasa menampilkan skor juga menayangkan foto Maradona. Sementara banner juga berisi foto Maradona yang sempat tujuh musim memperkuat Napoli. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Gattuso

"Sejak kemarin, ketika kami bertemu di hotel, Anda bisa merasakan mood yang berbeda menyelimuti seluruh kota," kata pelatih Napoli, Gennaro Gattuso seperti dilansir dari Sky Sport.

"Itu kehilangan beas, tapi Diego tidak pernah mati. Dia legenda dari planet lain," kata Gattuso. 

Gattuso mengaku punya hubungan yang dekat dengan Maradona semasa hidup. Dan dia bersyukur sempat mengenal si pemilik 'Gol Tangan Tuhan' itu. "Saya punya banyak kenangan," katanya. 

"Saya punya banyak kesempatan berbicara dengan dia. Dia telah meninggal, tapi semangatnya tetap hidup. Dia membuat kesalahan dalam kehidupan pribadinya, tapi dia akan tetap hidup karena apa yang telah dilakukan dan diraihnya selama ini," beber mantan pemain AC Milan itu menambahkan. 

 

3 dari 4 halaman

Syal hingga Anggur

Tidak ada penonton yang menghadiri upacara penghormatan itu menyusul protokol kesehatan pandemi COVID-19. Namun fans tetap berkumpul di luar stadion sembari menyerukan nama Maradona.

Syal dan berbagai benda-benda yang berkaitan dengan Maradona memenuhi sisi luar stadion. Sebagian suporter juga menyalakan lilin, dan bahkan ada yang meletakkan anggur sebagai penghormatan. 

 

4 dari 4 halaman

Menang 2-0

Skuat i Partenopei menyempurnakan pernghormatan mereka kepada Maradona dengan mengalahkan tim tamu 2-0. Dua gol tuan rumah lahir dari Matteo Politano dan Hirving Rodrigo Lozano. Hasil ini sekaligus membuat posisi Napoli di puncak klasemen Grup H semakin kokoh dengan koleksi 9 poin.

"Ini hari yang menyedihkan dan sangat sulit bagi kami masuk lapangan dengan pikiran yang tepat," kata Politano. "Ini momen yang sulit tapi kami harus kuat sehingga bisa memenangkan trofi dan mendedikasikannya kepada  Maradona," bebernya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.