Sukses

Joan Mir Banjir Pujian, Rossi: Selamat Datang di Klub Juara Dunia MotoGP

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, banjir ucapan selamat usai menjuarai MotoGP 2020. Mir mengunci gelar juara dunia usai finis ketujuh pada seri Valencia di Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020). 

Joan Mir memimpin klasemen MotoGP 2020 dengan 171 poin atau unggul 29 poin atas Franco Morbidelli yang memenangkan seri Valencia. Dengan selisih ini, Joan Mir sudah tidak terkejar lagi meski balapan MotoGP 2020 masih menyisakan seri pamungkas di Portugal, pada 22 November 2020. 

Keberhasilan Joan Mir sekaligus mengakhiri puasa gelar Suzuki di ajang MotoGP selama 20 tahun. Mir menjadi pembalap petama yang kembali menjadi juara dunia usai Kenny Roberts Jr pada tahun 2000. 

Ucapan selamat kepada Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP datang dari Jorge Lorenzo (Twitter)

Mir juga menjadi pembalap Spanyol ketiga setelah Marc Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang berhasil menjadi juara dunia MotoGP. Joan Mir adalah juara baru pertama sejak MotoGP edisi 2013. Sebelumnya ajang kebut-kebutan kuda besi prototipe ini dikuasai oleh rekan senegaranya, Mark Marquez. 

 

Sebagai sesama orang Mallorca dan Spanyol, saya sangat bangga kepada "Joanmir36, tulis mantan pembalap Yamaha sekaligus juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo melalui akun Twitter-nya. Lorenzo juga menyampaikan tiga hal penting yang membuat gelar juara dunia Joan Mir terasa sangat spesial.

Selain menjadi juara dunia MotoGP dia juga mencetak sejarah dengan:

- Memenangkan gelar juara bersama "Suzukimotogp setelah 20 tahun

- Menjadi pembalap Spanyol ketiga yang menjuarai MotoGP

- Menjadi juara dunia di musim keduanya

"Anda layak menerima itu Joan, selamat menikmati," tulis Jorge Lorenzo menambahkan. 

 

2 dari 6 halaman

Puji Konsistensi Joan Mir

Ucapan selamat juga datang dari pembalap lawan, Fabio Quartararo. Menurut pembalap Petronas SRT Yamaha itu, Joan Mir yang baru dua musim di MotoGP pantas untuk memenangkan gelar musim ini. 

Quartararo yang sempat tampil memukau di awal musim juga memuji konsistensi Mir musim ini. Menurutnya, itulah yang menjadi senjata Joan Mir untuk memenangkan gelar juara MotoGP 2020. 

"Bagi saya, dia telah melewati musim yang luar biasa," kata Quartararo soal kemenangan Mir seperti dilansir dari MotorSport.com.

"Konsistensi yang dimilikinya telah mengantarnya menjadi juara dunia sebab dia sangat konsisten sejak race keempat hingga akhir. Dia layak mendapat gelar ini sebab yang tidak kami dapatkan pada musim ini adalah konsistensi untuk bisa podium lebih banyak lagi," beber pembalap Prancis itu.

"Selain tiga kemenangan, kami tidak meraih podium lain. Anda tidak bisa memenangkan kejuaraan dengan cara seperti ini dan saya mati-matian mencari tahu kenapa kami seperti ini. Joan Mir layak menjadi juara dan selamat untuknya," beber Quartararo yang mengaku tidak bisa mendapatkan penampilan terbaiknya pada MotoGP musim ini setelah seri Le Mans, Prancis.

 

3 dari 6 halaman

Sambutan dari Rossi

Pujian lainnya juga mengalir dari tim-tim yang berlaga di MotoGP 2020 maupun para pendukung Mir. Namun yang membuat kemenangan Joan Mir semakin spesial tentu saja, ucapan selamat dari pembalap veteran, Valentino Rossi yang tidak lain merupakan idola Joan Mir sejak kecil. 

Situas resmi MotoGP lewat akun media sosial resminya mengunggah foto Rossi dan Mir. The Doctor yang baru saja pulih dari penyakit COVID-19 tampak mengenakan masker dalam pose tersebut. 

 

Valentino Rossi menyambut gembira kemenangan Joan Mir di ajang MotoGP 2020 (Twitter MotoGP)

"@Valeyellow46 menyambut @JoanMirofficial masuk ke dalam klub ekslusif juara dunia MotoGP," tulis MotoGP lewat akun Twitter resminya. 

Masih banyak pujian dan ucapan selamat yang mengalir kepada Joan Mir. Sebagian di antaranya bisa Anda saksikan pada halaman selanjutnya. 

4 dari 6 halaman

Ucapan Selamat dari Marc Marquez

5 dari 6 halaman

Ucapan Selamat dari Monster Energy Yamaha

6 dari 6 halaman

Ucapan selamat dari Ducati