Sukses

Ribuan Pemuda Ramaikan Seminar Online Kemenpora

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) lewat Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, mengadakan Kegiatan Webinar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda yang diselenggarakan Kamis (3/9/2020) melalui zoom meeting webinar. Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah.

Menurut Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON), Tri Winarno, jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan ini sebanyak 3800 orang yang terdiri dari unsur Pelajar, Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia melalui Zoom Meeting sebanyak 500 orang dan sisanya sebanyak 3300 orang mengikuti Diklat melalui Live Youtube Channel Official PP-PON Kemenpora.

“Dasar dari pelaksanaan kegiatan Webinar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda ini adalah UU nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, dan juga Pasal 2 Permenegpora nomor: PER.014/MENPORA/II/2007 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional, dimana PP-PON mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang kepemudaan dan keolahragaan secara nasional,” Kata Tri Winarno

Tri Winarno menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu program ke-2 Program Prioritas Kemenpora Tahun 2020-2024 yaitu Pemberdayaan Pemuda Menjadi Kreatif, Inovatif, Mandiri dan Berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini ada beberapa poin. pertama kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan pemimpin muda yang memiliki wawasan, pemahaman serta pengetahuan, sikap dan ketrampilan dibidang kepemimpinan. Kedua, mewujudkan pemimpin muda yang berkarakter, berkapasitas, mandiri dan berdaya saing. “Dan terakhir untuk meningkatkan pemimpin muda yang memiliki kemampuan, kompetensi dan ketrampilan serta kualitas personal di bidang kepemimpinan pemuda," papar Tri Winarno.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Sambutan

Dalam sambutan dan motivasinya, Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah menyampaikan bahwa kepemimpinan adalah suatu hal yang sangat penting bagi tiap individu dan perlu diketahui secara mendalam bagaimana cara kita menjadi seorang pemimpin.

"Kepemimpinan ini penting untuk diketahui supaya lebih bagus dan mendalam, sebagai seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan, baik itu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual," kata Faisal Abdullah.

 

3 dari 3 halaman

Harapan

"Melalui acara ini diharapkan para pemuda akan banyak mendapatkan pengetahuan dan informasi terkait kepemimpinan, dan kegiatan ini bisa bermanfaat serta berjalan dengan baik “Peserta dapat mengikuti acara ini dengan baik," tutup Faisal Abdullah

Adapun sebagai pembicara pada kegiatan Webinar Pelatihan Kepemimpinan  Pemuda ini yaitu Faisal Abdullah (Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora), Asrorun Ni’am (Deputi Pengembangan Pemuda), Amarulla Octavian (Rektor Universitas Pertahanan), dan Puspita Zorawar (Human Capital dan Leadership Coach ExcellencIA).