Sukses

Gelar Penyelidikan Hari Ini, FIM Siap Sanksi Biang Kerok Kecelakaan Horor MotoGP Austria 2020

Liputan6.com, Spielberg - Federasi Balap Motor Internasional (FIM) menggelar pemeriksaan menyikapi kecelakaan horor pada MotoGP Austria 2020 di Red Bull Ring, Kamis (20/8/2020).

Pada balapan yang berlangsung Minggu (16/8/2020), Johann Zarco danReale Avintia) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) bertabrakan pada lap ke-9 jelang Tikungan 3. Motor keduanya kemudian terbang dan hampir mengenai duo Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Pol Espargaro (KTM) dan Miguel Oliveira (KTM Tech 3) juga bertabrakan pada insiden terpisah di MotoGP Austria 2020.

Menyikapi dua peristiwa ini, FIM bakal memanggil keempat pembalap dan meminta keterangan. Mereka juga bakal memeriksa data sebelum mengambil keputusan.

"Merupakan tugas kami untuk melindungi pembalap. Jika diperlukan, maka dijatuhkan sanksi. Kami akan mengumumkan setelah semua proses selesai," tulis keterangan resmi FIM.

Panel FIM beranggotakan Bill Cumbow, Freddie Spencer, dan Ralph Bohnhorst. Keputusan mereka nantinya diperkirakan bakal memengaruhi partisipasi pembalap yang terlibat pada balapan selanjutnya, MotoGP Styria.

2 dari 4 halaman

Reale Avintia Beberkan Data

 

Reale Avintia sebelumnya sudah membeberkan data. Zarco mengerem lebih lambat dibanding putaran-putaran sebelumnya pada insiden itu.

Hal ini menepis tuduhan yang menyebut Zarco mengerem mendadak dan menutup jalur Morbidelli yang berusaha menyalipnya.

"Dari sini terlihat tidak ada niat dari Zarco untuk menghalangi Morbidelli," tulis keterangan resmi Reale Avintia.

3 dari 4 halaman

Pembelaan FFM

Federasi Balap Motor Prancis (FFM) juga ingin melindungi Zarco. Mereka siap menyodorkan bukti-bukti pendukung kepada FIM.

Kami akan memberikan dukungan penuh bagi Zarco menyikapi peristiwa ini," kata Presiden FFM Jacques Bolle.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini