Sukses

5 Pesepak Bola Paling Cerdas Saat Ini, Termasuk Bruno Fernandes

Pesepak bola cerdas dapat menghindari pertarungan fisik dengan pemikiran cepat mereka. Berikut 5 pesepak bola paling cerdas saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola bukan hanya tentang fisik. Permainan ini membutuhkan lebih banyak otak daripada otot dan itu adalah fakta. Karena itu, kecerdasan perlu dimiliki seorang pesepak bola.

Pertarungan fisik yang intens selalu menjadi ciri khas permainan. Tapi, bukan cuma dominan secara fisik yang menang. Pesepak bola cerdas bisa menghindari situasi seperti tersebut dengan pemikiran cepat mereka.

Pesepak bola yang cerdas di luar lapangan bukanlah hal baru. Kecerdasan sepak bola adalah hal yang sama sekali berbeda.

Sebagian besar pesepak bola terkenal sepanjang masa karena kemampuannya mencetak gol. Baik itu muncul di tempat pada waktu yang tepat atau melewati pertahanan dengan operan dan berlari.

Berikut 5 pesepak bola paling cerdas saat ini, salah satunya Bruno Fernandes, seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Angel Di Maria

Lini serang Paris Saint-Germain (PSG) adalah salah satu yang terbaik di dunia. Selain Kylian Mbappe dan Neymar, klub kaya Prancis itu juga memiliki Angel Di Maria.

Mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu dapat membuat pertahanan lawan berantakan berkat pemikiran cerdasnya di samping keahliannya dalam menguasai bola.

Di Maria memiliki berbagai keterampilan, baik itu backheel, operan kaki bagian luar, serta gerak kaki yang hebat. Hal ini memungkinkannya melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukan oleh kebanyakan pemain.

Pemain asal Argentina itu dapat melepaskan umpan sesuka hati dan merupakan pembaca permainan yang hebat. Di Maria, di musim terburuknya bersama MU, masih mencatatkan 12 assist.

Angka itu melambangkan keunggulannya. Bahkan dalam tim di mana dia dimainkan di luar posisinya dan kurang banyak dukungan, Dia Maria masih menciptakan peluang dengan kecepata mengesankan. Angka yang ditorehkan Di Maria selama bertahun-tahun adalah bukti kecerdasan dan kemampuannya. Dia memiliki 12 gol dan 18 assist di semua kompetisi musim ini untuk PSG. 

 

 

3 dari 6 halaman

4. Frenkie De Jong

Frenkie De Jong adalah pesepak bola cerdas. Tim yang bermain terbuka sangat bergantung pada gelandang bertahan seperti De Jong. Dia adalah orang yang harus membawa bola ke mana-mana, menilai opsi, memilih yang tepat, dan mengeksekusinya.

De Jong dianggap sebagai penerus orang-orang seperti Busquets dan Xavi di Barcelona. Dia tidak hanya melakukan pekerjaannya dengan rapi, tapi juga pada waktu yang tepat.

Dia menampilkan kualitas kognitif, fitur terbaik yang pernah dimainkan. Karena itu, Barcelona berani merogoh kocek sangat dalam untuk mengontraknya dari Ajax.

De Jong memiliki potensi besar. Saat mencapai tahun-tahun puncaknya, dia bisa mengguncang dunia dan itu akan terjadi, sebagian besar, berkat kecerdasan sepak bolanya. 

4 dari 6 halaman

3. Bruno Fernandes

Manchester United (MU) dinilai telah melakukan perekrutan terbaik di jendela transfer musim dingin Januari 2020. Klub berjuluk Setan Merah itu mendatangkan Bruno Fernandes dari Sporting.

Kehadiran Fernandes membuat MU kini memiliki kreativitas di lini tengah, sesuatu yang hilang dalam beberapa tahun terakhir. Dia adalah pengumpan yang sangat cepat.

Fernandes sering membiarkan bola terlepas dari kakinya menuju penyerang sebelum pemain bertahan lawan bisa berkedip. Dia memiliki umpan yang luar biasa dan bola yang masuk ke kotak penalti harus diwaspadai.

Fernandes juga penendang penalti. Dia sering mengganti gayanya dan hampir selalu mengecoh kiper lawan. Pemain asal Portugal ini tidak melewatkan penalti dalam empat musim terakhirnya.

Kecerdasan Fernandes telah dibandingkan dengan legenda MU Paul Scholes. "Ketika saya berbicara tentang Bruno Fernandes, yang terlintas di benak saya adalah kecerdasan anak itu. Dia, di atas segalanya, sangat pintar - baik sebagai pemain maupun sebagai pribadi," kata Francesco Guidolin, pelatih Fernandes saat di Udinese.

5 dari 6 halaman

2. Roberto Firmino

Roberto Firmino adalah salah satu pemain paling fital dalam skema permaninan Manajer Liverpool Jurgen Klopp. Dia bukan tipe pemain nomor 9 seperti lainnya.

Firmino adalah salah satu alasan utama di balik rekor produktif Mohamed Salah dan Sadio Mane. Dia memiliki teknik sangat baik, operan dan tendangannya membuat bek-bek lawan kesulitan.

Pemain asal Brasil ini turun jauh ke tengah dan menarik para bek lawan ke arahnya. Dengan demikian, dia membebaskan ruang untuk rekan satu timnya dan juga punya kemampuan buat mengejar mereka pada saat mencapai sepertiga akhir lapangan.

Karena itu, adil untuk mengatakan bahwa Firmino adalah salah satu pesepakbola paling cerdas di planet ini. 

6 dari 6 halaman

1. Thomas Muller

Thomas Muller tidak menonjol di lapangan sepak bola dalam arti biasa. Tapi, dia telah menjadi salah satu penyerang terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Pemain asal Jerman itu tidak dominan secara fisik dan juga tidak terlalu berbakat. Namun, dia selalu menjadi pemburu yang hebat dan membangun kariernya di tempat serta waktu yang tepat.

Operan dan pergerakan Muller adalah materi buku teks. Dia hampir tak mungkin untuk dijaga, selalu berlari, dan sering muncul di kotak penalti untuk terhubung dengan rekan satu timnya.

Muller juga pembaca permainan yang sangat baik. Dalam menyambut bola di kotak penalti, dia selalu lebih baik dari pemain lain. Itu salah satu alasan mengapa dia telah mencetak begitu banyak gol dalam kariernya.

Pemain yang bisa menyamai kecerdasan Muller di lapangan sulit didapat. Itulah alasan mengapa dia akan selalu dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik di generasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.