Sukses

3 Alasan Kim Kurniawan Betah Berseragam Persib, Salah Satunya Bobotoh

Bandung - Kim Kurniawan sudah bertahun-tahun membela Persib Bandung. Tentunya banyak alasan kuat mengapa pemain naturalisasi itu mau bertahan lama di skuat berjulukan Maung Bandung tersebut.

Tahun ini jadi musim keempat Kim Kurniawan bersama Persib Bandung. Sejak bergabung pada 2016 lalu, pesepakbola berusia 30 tahun itu tak pernah berganti kostum.

Dalam obrolan di channel YouTube, Hanif & Rendy Show, terkuak alasan kenapa Kim betah di Persib. Ada tiga faktor yang membuat pemain naturalisasi dari Jerman itu bertahan.

Faktor utamanya ialah Bobotoh. Kehadiran suporter Maung Bandung itu sangat berarti bagi Kim, apalagi dua tim Indonesia yang sebelumnya ia perkuat tak memiliki pendukung fanatik.

Sebelum berlabuh di Persib, Kim memperkuat Pelita Bandung Raya (PBR) pada musim 2014-2015. Lalu tim Indonesia pertama yang ia bela ialah Persema Malang (2011-2013).

"Suporter sangat pengaruh, karena sebelum-sebelumnya main di tim Persema masih okelah, tapi ya kalah dengan suporter Arema suporternya. PBR hampir gak ada suporter," ujar Kim.

"Di Persib Bandung luar biasa, suporternya luar biasa banyak dan fanatik. Dukungannya benar-benar terasa. Jadi setiap pertandingan mau itu home, mau itu away, stadion rame terus, beda rasanya, benar-benar motivasi berlipat," katanya menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Manajemen Persib Profesional

Alasan berikutnya yang membuat Kim betah dan selalu menerima tawaran perpanjangan kontrak di Persib adalah manajemen. Ia merasakan kerja manajemen Maung Bandung paling profesional.

"Sejauh ini paling profesional dari tim yang pernah saya bela ya Persib," ucap Kim.

Barangkali benar adanya omongan Kim soal manajemen klub yang pernah dibelanya. Maklum, Persema dan PBR yang pernah diperkuatnya sekarang sudah tinggal sejarah.

 

3 dari 4 halaman

Loyal

Lantas, apakah masih ada alasan yang membuat Kim berlama-lama di Persib? Hal itu terkait dengan karakternya.

Bila sudah nyaman, Kim mengaku akan sulit untuk berpindah. Itu terbukti dengan rekam jejaknya yang hanya baru memperkuat tiga klub di Indonesia yaitu Persema, PBR, dan Persib.

"Itu memang karakter saya, tidak terlalu suka berpindah-pindah klub. Saya orangnya kalau sudah betah ya sudah. Dan, saya senang dengan keadaan di sini," imbuhnya.

Sumber: Hanif & Randy Show

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Dimas Ardi Prasetya, published 10/7/2020)

4 dari 4 halaman

Video