Sukses

Pelatih Persib Pantas Jadi Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Jakarta - Nama pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, diusulkan sebagai pengganti jika Shin Tae-yong dipecat dari Timnas Indonesia. Arsitek asal Belanda itu dianggap berkompeten.

Robert adalah pelatih kawakan yang telah kenyang asam garam sepak bola Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Pria berusia 65 tahun itu pernah beberapa kali menorehkan tinta emas, termasuk membawa Arema FC menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2009-2010.

Selain itu, mantan pelatih Timnas Korea Selatan U-19 ini juga sempat mengantar Kedah FA meraih dua gelar juara sekaligus alias double winner meliputi Liga Primer Malaysia dan Piala Malaysia pada musim 1993.

Bersama klub Malaysia lainnya, Sarawak FA, Robert kembali keluar sebagai kampiun Liga Primer Malaysia pada 2013. Saat menangani klub Singapura, Home United, lemari trofi pelatih kelahiran Amsterdam, Belanda, ini bertambah dengan gelar Liga Singapura pada musim 1999.

Selain Robert, Rahmad Darmawan, nakhoda Madura United, juga dinilai layak untuk menjadi penerus Shin Tae-yong yang gelagatnya akan diberhentikan.

"Keduanya memenuhi syarat dan pengalaman keduanya juga telah cukup," kata Achsanul Qosasi, Presiden Madura United kepada Bola.com.

2 dari 3 halaman

Madura United Merelakan Rahmad Darmawan

Menariknya, Achsanul justru mendukung Rahmad sebagai pelatih Timnas Indonesia apabila kontrak Shin Tae-yong diputus. Padahal, peracik strategi yang kerap dipanggil RD itu notabene adalah pelatih Madura United, klub yang dinaunginya.

Namun, demi kepentingan bangsa, Achsanul tidak akan menahan RD. Madura United bakal merelakan pelatih berusia 52 tahun tersebut untuk Timnas Indonesia.

"Silakan. Kalau negara memanggil, klub tak boleh menghalangi," imbuh Achsanul.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa / Hendry Wobowo)

3 dari 3 halaman

Klasemen Shopee Liga 1