Sukses

Yamaha Klaim Punya Daftar Pembalap MotoGP Terkuat Sepanjang Masa

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, meyakini bahwa line up pembalap timnya untuk MotoGP 2020 adalah line up Yamaha yang terkuat sepanjang masa.

Liputan6.com, Iwata - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, meyakini bahwa line up pembalap timnya untuk MotoGP 2020 adalah line up Yamaha yang terkuat sepanjang masa.

Hal ini dia nyatakan dalam wawancaranya dengan Speedweek pada Minggu (21/6/2020), menjelang seri pertama ajang MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang.

Sama seperti 2019, Monster Energy Yamaha diisi Valentino Rossi dan Maverick Vinales, sementara Petronas Yamaha SRT diisi Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Secara total, Rossi, Vinales, dan Morbidelli mengawinkan 12 gelar dunia. Quartararo sendiri belum pernah juara, namun hasilnya pada MotoGP 2019 menunjukkan ia punya potensi.

Jarvis meyakini Yamaha punya banyak pebalap hebat di masa lalu, terutama di era 1970an sampai awal 1990an. Kala itu, pabrikan Garpu Tala punya Giacomo Agostini, Kenny Roberts, Johnny Ceccotto, Patrick Pons, Christian Sarron, Takazumi Katayama, Eddie Lawson, dan Wayne Rainey.

Meski begitu, jika melihat ke belakang sejak MotoGP menggantikan kelas GP500 pada 2002, Yamaha hanya sukses juara lewat dua rider tim pabrikannya, yakni Rossi dan Jorge Lorenzo, sementara dua rider tim satelitnya tak pernah sekompetitif Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

"Apakah kami punya tim Yamaha terbaik sepanjang masa? Mungkin ya. Tapi lebih baik kita sepakati saja bahwa mereka adalah kelompok terbaik selama beberapa waktu terakhir," ungkap Jarvis, yang menjabat sebagai Managing Director Yamaha Motor Racing sejak 1999.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Generasi Berbeda

"Itu karena terkadang saya melihat foto-foto lama, ada Giacomo Agostini, Kenny Roberts, Johnny Cecotto, dan lainnya. Sulit membandingkan generasi-generasi berbeda. Tapi jika melihat beberapa waktu belakangan, line up kami sangat kuat," lanjutnya.

Jarvis pun mengaku sudah tak sabar menanti dimulainya MotoGP 2020 di Jerez pada 19 Juli nanti. Ia yakin para pebalapnya bisa tampil lebih kuat dibanding 2019, dan memprediksi persaingan bakal semakin ketat karena performa motor semakin setara dan para rider yang cedera kini sudah pulih total.

3 dari 3 halaman

Tatap MotoGP 2020

"Saya rasa bakal sangat menyenangkan ketika musim ini dimulai di Jerez pada Juli. Kami senang balapan pertama digelar di sana. Maverick sangat menyukai Jerez, Vale juga seringnya cepat di sana. Kami berharap Yamaha kompetitif di sana," ungkap pria asal Inggris ini.

"Dengan pulihnya Marc Marquez dan Takaaki Nakagami dari cedera bahu, maka musim ini bakal sangat positif. Memang lebih baik semua atlet dalam kondisi fisik terbaik. Kami sangat bersemangat. Empat motor kami memang tak dipakai selama empat bulan, tapi realitanya pekerjaan di balik layar tak berhenti. Kami jelas siap berangkat," tuturnya.

Sumber: Speedweek

Disadur dari Bola.net, Anindhya Danartikanya, published 22/6/2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.