Sukses

8 Besar Liga Champions 2019/2020 Bakal Dilanjutkan di Portugal?

Liputan6.com, Jakarta UEFA ingin menuntaskan turnamen Liga Champions 2019/2020 yang kini terbengkalai. Salah satu opsinya adalah dengan menuntaskan seluruh laga dengan format 'final eight' di Lisbon, Portugal.

Usulan ini kabarnya akan disampaikan dalam rapat komite ekskutif untuk disahkan pada Rabu, 17 Juni 2020. Salah seorang sumber seperti dilansir Channel News Asia menyebutkan, bila proposal itu diharapkan bisa diterima setelah tercapainya konsensus yang dicapai Senin (15/6/2020).

Sejauh ini, belum ada komentar dari UEFA. Seperti diketahui, kompetisi ini telah terhenti sejak Maret lalu akibat pandemi Virus Corona. UEFA selanjutnya akan menyelesaikan pertandingan leg kedua babak 16 besar yang masih tersisa. Partai ini akan dimainkan di venue yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Tim-tim yang berhasil lolos ke babak perempat final selanjutnya akan dilangsungkan satu leg di Lisbon, Portugal selama empat hari berturut-turut (12-15 Agustus 2020). Sementara babak semifinal dijadwalkan pada 18-19 Agustus dan final 23 Agustus, juga di ibu kota Portugal tersebut.

Opsi ini memungkinkan Liga Champions selesai lebih cepat ketimbang meneruskan format kandang dan tandang yang selama ini berlaku. Meski demikian, pendapatan UEFA kemungkinan bakal berkurang dari hak siar menyusul semakin sedikitnya jumlah laga yang dimainkan.

 

2 dari 3 halaman

Siapkan 2 Stadion

Ada dua stadion yang digadang-gadang jadi tuan rumah. Salah satunya adalah Stadion utama Lisbon - Estadio da Luz Benfica. Sementara satu lagi, adalah stadionJose Alvalade Sporting Lisbon.

Istanbul yang seharusnya jadi tuan rumah final 2020 akan kebagian jatah tahun depan. Dengan demikian, tuan rumah untuk edisi-edisi berikutnya juga akan diundur ke tahun berikutnya.

 

3 dari 3 halaman

Laga Tertutup

Sejauh ini, duel masih disarankan berlangsung tertutup. Namun UEFA tidak menutup kemungkinan mengizinkan suporter datang jika memang situasi kesehatan masyarakat di Portugal memungkinkan.

Format yang sama juga akan digunakan pada kompetisi Liga Eropa yang akan berlangsung. di Jerman mulai 10 Agustus 2020. Enam belas pertandingan terakhir yang tersisa akan diadakan di tempat netral di Jerman dengan 'Final Eight' diadakan di Duisburg, Duesseldorf, Gelsenkirchen dan Cologne.

Sementara Piala Super UEFA, diharapkan berlangsung di Budapest pada 24 September.