Sukses

Telapak Kaki Pernah Merasa Seperti Tertusuk? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Telapak kaki kita terkadang sering merasakan sakit secara tiba-tiba. Itu sebabnya mengetahui gejala dan kapan sakit itu muncul wajib dipahami agar dokter lebih mudah mendiagnosanya.

Sayangnya, kebanyakan orang sering kali mengabaikan kondisi ini. Alasannya, karena kaki sakit bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal, rasa sakit di kaki juga bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius.

Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk bisa diakibatkan oleh struktur kaki seseorang, kebiasaan, hingga gangguan kesehatan tertentu.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh menyepelekan telapak kaki sakit ini karena bisa jadi tanda penyakit. Kamu perlu melakaukan tindakan pencegahan yang tepat agar tidak mengganggu kegiatan atau malah semakin parah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/6/2020) tentang penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk:

 

2 dari 6 halaman

Keseleo dan Telapak Kaki Datar

Sprain Otot (Keseleo)

Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk yang pertama adalah karena sprain otot atau lebih dikenal dengan sebutan keseleo. Hal ini merupakan kondisi peregangan yang berlebihan pada ligamen. Ligamen merupakan jaringan yang menghubungkan antara dua tulang.

Umumnya, seseorang bisa mengalami sprain otot setelah melakukan aktivitas fisik tertentu. Selain berdampak pada telapak kaki, sprain di daerah kaki juga bisa menyebabkan kaki bengkak dan kemerahan, serta gangguan dalam berjalan.

Flat Feet

Selain itu, penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk berikutnya adalah flat feet atau disebut juga dengan kaki datar. Kondisi ini merupakan kelainan anatomi pada kaki.

Biasanya, dalam keadaan normal, akan ada celah di telapak kaki karena lengkungan yang normal saat berdiri. Namun pada kondisi kaki datar, lengkungan tersebut berkurang atau tidak ada.

Hal ini mengakibatkan distribusi berat badan di telapak kaki tidak normal, sehingga bagian telapak kaki yang menerima terlalu banyak tekanan jadi terasa nyeri.

3 dari 6 halaman

Neuroma Morton dan Plantar Fasciitis

Neuroma Morton

Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk selanjutnya adalah Neuroma Morton. Kondisi ini ditandai dengan adanya tumor jinak pada saraf di daerah kaki. Penyakit ini tidak membahayakan, tetapi bisa sangat mengganggu.

Rasa sakit di telapak kaki akibat Neuroma Morton ini umumnya terasa seperti nyeri ditusuk pisau atau dibakar api. Sebagian penderita juga mengeluhkan rasa nyerinya seperti ada kelereng di telapak kaki.

Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah kondisi peradangan di jaringan yang ada di telapak kaki, khususnya yang melindungi daerah tumit. Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk satu ini lebih rentan dialami oleh orang-orang yang berlari atau berjalan terlalu banyak, atau oleh mereka yang sering menggunakan sepatu hak tinggi.

Ada beberapa ciri khas kondisi plantar fasciitis, yaitu nyeri di telapak kakinya akan makin berat saat mulai berjalan. Selain itu, umumnya penderitanya akan kesulitan menggerakkan jari-jari kaki ke arah atas.

4 dari 6 halaman

Bunion dan Kapalan

Bunion

Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk berikutnya adalah Bunion. Kondisi ini merupakan kemunculan benjolan tulang pada sendi di jempol kaki yang disebut juga dengan bintal kaki. Hal ini terjadi saat jempol kaki menekan jari kaki lainnya.

Tanda kamu terkena bunion adalah adanya rasa sakit dan kulit yang memerah di atas tonjolan sendi jempol kaki. Terbentuknya bunion biasanya dipicu oleh pemakaian sepatu yang terlalu sempit. Penyebab lain yang mungkin menyebabkan bunion adalah cacat bawaan pada struktur kaki atau terkena arthritis.

Kapalan

Kapalan biasanya terjadi karena banyaknya kontak dengan tanah atau lantai sehingga lapisan telapak kaki menebal. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk, walaupun hal tersebut adalah mekanisme kulit untuk melindungi diri dari gesekan dan tekanan.

Kamu bisa mencegah kapalan dengan menghindari sepatu dan aktivitas pemicunya. Gunakan sepatu dengan ukuran yang sesuai dan nyaman untuk mencegah kapalan. Bagi mereka yang menderita diabetes, gangguan ini tidak boleh diremehkan. Sebab, aliran darah yang buruk pada penderita diabetes bisa memicu terjadinya komplikasi, seperti infeksi dan ulkus, akibat gesekan.

5 dari 6 halaman

Metatarsalgia, Rematik, dan Gout Arthritis

Metatarsalgia

Penyebab tepalak kaki sakit seperti tertusuk beriktunya adalah metatarsalgia. Hal ini biasanya menimbulkan rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki. Gangguan ini biasanya lebih rentan menyerang lansia.

Metatarsalgia dapat memburuk jika penderitanya sering berjalan-jalan, memiliki kelebihan berat badan, melakukan olahraga berat, serta memakai sepatu yang sempit dalam jangka waktu yang relatif lama. Namun, kamu dapat menanganinya dengan obat pereda sakit, istirahat, mengompresnya dengan es, dan menggunakan sepatu khusus yang dapat menopang kaki dengan baik.

Rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis bisa menjadi salah satu penyebab telapak kaki sakit seperti tertusul selanjutnya. Hal ini biasanya terjadi karena peradangan kronis yang umumnya menyerang sendi kecil di tangan dan kaki, dan menyebabkan pembengkakan pada sendi.

Pembengkakan inilah yang menimbulkan rasa sakit, dan jika dibiarkan akan mengakibatkan pengikisan tulang serta kelainan bentuk sendi. Gangguan ini berkaitan dengan pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Perempuan berusia 40 tahun ke atas adalah kelompok yang paling rentan mengalami rematik.

Gout Arthritis

Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk lainnya adalah gout arthritis. Penumpukan kristal asam urat pada sendi ini menyebabkan peradangan dan memunculkan rasa sakit yang parah secara mendadak. Sendi yang terkena akan terasa panas dan membengkak. Keadaan ini biasanya tidak membaik bahkan saat istirahat sekalipun.

Gout arthritis perlu ditangani dengan obat pereda sakit dan kompres es. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Namun, bukan berarti gout tidak bisa dialami oleh kaum hawa. Wanita akan menjadi lebih rentan terhadap gout setelah mengalami menopause.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit

Cara mengatasi telapak kaki sakit seperti tertusuk tersebut bisa dilakukan di rumah dengan beberapa cara sederhana. Berikut beberapa cara mengatasi telapak kaki sakit:

- Istirahatkan kaki yang sakit sebisa mungkin.

- Saat beristirahat, angkat kaki 30-45 derajat dengan cara mengganjal bagian bawah kaki dengan dua bantal.

- Kompres bagian kaki yang nyeri menggunakan es yang dibungkus handuk atau dengan ice gel atau ice pack selama 15-20 menit. Lakukan hal ini setiap 3-4 jam sekali.

- Jika harus berdiri dan berjalan, gunakan sepatu dengan alas yang lembut.

- Jika nyeri sangat mengganggu, obat pereda nyeri seperti parasetamol bisa dikonsumsi.

- Jika memiliki berat badan berlebih atau obesitas, lakukan usaha untuk menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga teratur.

- Hindari berdiri terlalu lama.

- Jangan menggunakan sepatu hak tinggi untuk sementara waktu.

Namun, jika kamu rasa sakit pada telapak kaki tak kunjung membaik setelah mengistirahatkan kaki selama seminggu, sering kambuh, hingga mati rasa pada telapak kaki, kamu sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter agar lebih aman.

Disadur dari: Kanal Hot Liputan6.com (penulis Husnul Abdi, editor Nanang F, published 6/6/2020)