Sukses

5 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Camilan Favoritmu Saat Bersantai di Rumah

Jakarta Camilan menjadi menu yang wajib ada di ruang tamu saat kita menikmati momen santai di rumah. Kebanyakan orang akan memilih makanan fast food ataupun snack ringan untuk dijadikan camilan andalan anti ribet.

Tapi makanan atau camilan yang kamu konsumsi sebenarnya kurang sehat untuk tubuh.

Camilan ringan yang kamu konsumsi sehari-hari tersebut bahkan bisa menjadi salah satu penyebab obesitas jika kamu tidak mengontrolnya atau menggantinya dengan camilan yang lebih sehat. Memang benar, rasa dari makanan fast food atau jajanan seperti snack-snack berbungkus memang menggiurkan, kamu boleh sesekali memakannya tetapi jelas tidak untuk konsumsi berlebihan sehari-hari.

Hidup dengan pola makan sehat memang tidak mudah, tetapi bisa kamu mulai dengan mengganti camilan ringanmu dengan makanan yang jauh lebih sehat. Secara tekstur dan rasa pasti kalah tetapi demi kesehatan tubuh, kamu sebaiknya tidak boleh kompromi.

Nah, buat kamu yang kini punya banyak waktu bersantai dan punya hobi mengemil, sebaiknya perlu mengganti camilanmu dengan rekomendasi makanan sehat berikut, Fimela.com akan membgikan informasi 5 makanan sehat yang bisa kamu jadikan Camilan sehari-hari. Simak selengkapnya dibawah ini.

2 dari 6 halaman

Pudding atau Agar-Agar

Makanan sehat yang bisa kamu jadikan camilan sehari-hari ialah pudding dan agar-agar. Kedua makanan ini memiliki tekstur yang hampir mirip, hanya biasanya pudding disajikan dengan banyak topping atau dikombinasikan dengan bahan lain seperti remahan biskuit atau roti misalnya.

Baik pudding maupun agar-agar merupakan makanan sehat yang ringan untuk kamu konsumsi dan sudah pasti cocok untuk menjadi pengganti camilanmu yang sebelumnya kurang sehat. Tidak perlu khawatir karena kamu bisa membuatnya di rumah dengan praktis karena kedua makanan tersebut sudah tersedia produk instannya.

Kamu harus tahu bahwa pudding dan agar-agar memiliki nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, kalsium, mineral, bahkan serat. Buat kamu yang jarang mengkonsumsi buah, agar-agar bisa menjadi alternatif bagi tubuhmu untuk tetap mendapatkan serat. Manfaat serat dalam tubuh dapat membuat pencernaanmu menjadi sehat dan lancar.

3 dari 6 halaman

Salad Buah

Selanjutnya, makanan sehat yang bisa kamu jadikan camilan ialah salad buah, tentu kamu pasti akan menyukainya. Bisa dikatakan bahwa salad buah adalah pilihan terbaik untuk mengganti camilan fast food yang biasanya kamu makan. Ditambah lagi kini salad buah sendiri memang sedang populer dan banyak produsen yang menjualnya.

Soal manfaatnya untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, salad buah sesuai namanya terdiri dari berbagai macam buah-buahan segar. Mulai dari semangka, manga, apel, jeruk, kiwi, hingga strawberry. Hanya dengan menyebut komposisi buahnya saja, kamu pasti sudah bisa membayangkan betapa segarnya salad buah.

Salad buah sendiri juga kini mudah kamu dapatkan dengan berbagai macam varian, misal mulai dari salad buah plain sampai salad buah yang menggunakan berbagai topping seperti keju dan coklat. Pastinya salad buah akan menjadi camilan sehat yang bisa meningkatkan mood-mu juga.

4 dari 6 halaman

Telur Rebus

Berikutnya, jika kamu tidak begitu tertarik dengan camilan yang memiliki cita rasa manis, kamu bisa memilih telur rebus sebagai camilan sehatmu, Telur merupakan camilan yang paling sehat terutama jika kamu sedang menjalani program diet. Telur rebus juga memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Sebut saja protein serta vitamin K2 dan B12 yang terkandung didalam telur rebus merupakan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi telur rebus juga membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginanmu untuk terus makan lebih banyak.

Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu merebusnya saja dalam waktu belasan menit. Sesudahnya kupas kulit telur tersebut dan sajikan selagi masih hangat. Tidak perlu khawatir dengan baunya, telur yang sudah direbus tidak akan terlalu amis.

5 dari 6 halaman

Kentang Panggang

Keempat, makanan sehat lainnya yang bisa kamu jadikan cemilan ialah kentang panggang. Kentang memang sangat terkenal dijadikan sebagai makanan alternatif bagi mereka yang sedang diet dan menghindari konsumsi makanan dalam jumlah banyak. Hal ini karena kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga kamu tidak mudah merasa lapar.

Sebenarnya kamu bisa menyajikannya dengan cara direbus maupun dipanggang, sesuai seleramu saja. Hanya saja jika kamu bosan dengan menu rebusan, kamu bisa mencoba membuat kentang panggang. Agar memiliki sedikit cita rasa, kamu bisa menambahkan sedikit bumbu seperti kaldu, garam, ataupun merica pada kentang.

6 dari 6 halaman

Yoghurt

Terakhir, makanan sehat yang bisa kamu jadikan cemilan adalah yoghurt. Yoghurt memang bukan makanan tetapi minuman, namun bagi beberapa orang, yoghurt sering dijadikan camilan alternatif. Teksturnya yang padat, menggumpal, serta kental menjadikannya terlihat seperti makanan layaknya cream soup.

Sama dengan makanan sehat lainnya diatas, yoghurt juga memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Yoghurt sangat kaya akan kalsium dan mineral sehingga dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Selain itu, yoghurt juga mampu menjaga sistem pencernaan tubuh bahkan membersihkan usus agar kamu terhindar dari infeksi usus.

Disadur dari Fimela.com (Imelda Rahma/Ayu Puji Lestari,published 2/6/2020)