Sukses

Cegah Berat Badan Naik dengan Menjadwalkan Makan Camilan Sehat

Makan camilan itu tidak salah asalkan yang disantap yang sehat

 

Liputan6.com, Jakarta Makan camilan itu tidak salah asalkan yang disantap yang sehat. Satu lagi, jadwalkan jam ngemil agar saat makan besar tidak berlebihan. 

"Biasakan ngemil teratur, jadwalkan ngemil yang sehat, " ujar Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi dalam diskusi via daring belum lama ini.

Awali makan pagi hari dengan menu bergizi berimbang, lalu makan camilan sekitar jam 10.00. Kemudian, saat makansiang dengan menu yang tetap bergizi seimbang. Berhubung perut sudah terisi maka makan siang tidak akan berlebihan.

Saat sore hari, Anda bisa kembali ngemil. Mengisi perut di sore hari memengaruhi porsi makan malam jadi tidak terlalu banyak.

"Proporsi menu menggunakan pedoman gizi seimbang, yakni 2/3 piring makanan pokok, 1/6-nya lauk pauk, 1/6 buah, 2/3 sayuran," kata Aldis seperti mengutip Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batasi Gula Garam Lemak

Ingatlah membatasi asupan gula, garam dan lemak dalam menu makanan Anda. Asupan gula yang disarankan maksimal 50 gram atau 4 sendok makan per hari, garam 1 sendok teh atau 5 gram, sementara lemak 67 gram atau 5 sendok makan minyak (lebih banyak lemak sehat yakni 4 sendok makan lemak baik disarankan).

Jangan lupa juga minum air putih. Ingat untuk aktif berolahraga kardio dengan pilihan: intensitas sedang 5 kali dalam seminggu selama 30 menit, atau 25 menit kardio intensitas tinggi 3 kali seminggu, dan 2 kali seminggu latihan beban dengan intensitas sedang-tinggi.

"Dianjurkan intensitas sedang dan pola latihan beban, cukup dengan beban berat badan, 2 kali seminggu 45 menit per sekali latihan," tutur Aldis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini