Sukses

Legenda Timnas Italia Ungkap Faktor Bek Liverpool Gagal Raih Ballon d'Or

Liputan6.com, Liverpool - Bek Liverpool, Virgil van Dijk nyaris memenangkan Ballon d'Or di musim lalu. Sayang, gelar itu jatuh ke tangan bintang Barcelona, Lionel Messi.

Kegagalan Van Dijk rupanya mengundang simpati eks bek timnas Italia, Fabio Cannavaro. Menurutnya, Van Dijk sulit memenangkan Ballon d'Or lantaran posisinya sebagai bek.

"Saya berkirim pesan dengan Van Dijk untuk mengucapkan selamat, tetapi sebagai bek, sulit untuk memenangkannya," kata Cannavaro seperti dilansir Sportskeeda.

Cannavaro menjadi satu-satunya bek yang pernah memenangkan Ballon d'Or sejak 2006. Gelar itu jatuh kepada Cannavaro usai sukses mengantar timnas Italia juara Piala Dunia.

Pada musim lalu, tidak sedikit khalayak yang mendukung Van Dijk menduplikasi prestasi Cannavaro itu. Maklum, ia sukses meraih treble winners bersama Liverpool dan menyabet pemain terbaik Eropa.

Menurut Cannavaro, prestasi Van Dijk bersama Liverpool itu belumlah cukup. "Anda tidak hanya butuh performa hebat dan memenangkan trofi," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Faktor Keberuntungan

Cannavaro mengatakan, faktor keberuntungan juga ikut andil dalam kesuksesan meraih Ballon d'Or. Selain itu, faktor Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi juga membuat para bek kurang dilirik.

"Anda harus beruntung jika tidak punya striker seperti Ronaldo dan Messi. Itulah kuncinya. Jika Anda punya mereka, Anda memulai pertandingan dengan keunggulan 1-0," katanya.

3 dari 3 halaman

Layak Juara

Di sisi lain, Cannavaro juga membahas kiprah Liverpool di Liga Inggris musim ini. Menurutnya, Liverpool yang sedang memimpin klasemen layak juara.

"Liverpool menjalani musim luar biasa dan mereka layak juara. Tetapi kita sedang di dalam pandemi dan saya bersimpati kepada mereka," ujarnya mengakhiri.