Sukses

Rooney Samakan Liverpool dengan AS Roma Era Francesco Totti

Rooney kagum dengan kekuatan lini serang Liverpool. Dia pun jadi teringat dengan kekuatan AS Roma di masa kejayaan Francesco Totti.

Liputan6.com, Manchester - Legenda Manchester United Wayne Rooney menyamakan Liverpool era saat ini dengan AS Roma era Francesco Totti. Dia tak menampik lini serang The Reds termasuk yang terbaik di dunia.

Liverpool memang memiliki lini serang yang maut. Awalnya Jurgen Klopp memiliki Roberto Firmino.

Ia kemudian mendatangkan Sadio Mane. Setelah itu Klopp juga mendatangkan Mohamed Salah.

Setelah ketiganya bermain bersama, terbentuknya trio lini serang yang sangat menakutkan. Tim-tim di Eropa dan Inggris pun dipaksa untuk bermain bertahan ketika harus berhadapan dengan lini serang Liverpool.

Ketiganya juga telah berkontribusi memberikan gelar juara pada Liverpool. Tak cuma satu tapi tiga sekaligus pada musim lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mirip Roma Era Totti

Menurut Wayne Rooney lini serang Liverpool saat ini mirip dengan lini serang AS Roma di era Francesco Totti. Ia menyebut Totti akan dimainkan di tengah dan bisa mundur ke belakang yang memungkinkan dua penyerang sayap yang cepat untuk membombardir pertahanan lawan.

"Saya sudah mencoba menjelaskan bagaimana gol sering kali terjadi pada para pemain yang bekerja bersama dan tiga pemain depan Liverpool adalah contoh sempurna," cetusnya pada kolomnya di Sunday Times.

“Mo Salah dan Sadio Mane memberikan kedalaman dengan mendorong tim ke belakang, yang memungkinkan Roberto Firmino untuk bergerak ke dalam untuk menjemput bola, ini membuat para bek tengah jadi santai dan tiba-tiba dua pemain lainnya membuat gerakan diagonal dengan kecepatan luar biasa untuk menyerang ruang [di kotak penalti]," terangnya.

“Ini mengingatkan saya pada bagaimana Roma dulu bermain dengan Totti sebagai pemain nomor 10 dan dua pelari cepat menyerang kotak dari lebar lapangan," sambung Rooney.

 

3 dari 3 halaman

Pengakuan untuk Liverpool

Wayne Rooney punya sejarah sebagai rival abadi Liverpool. Yang pertama ia adalah mantan Everton dan ia juga merupakan eks Manchester United.

Meski demikian, ia memilih bersikap obyektif dalam menilai kehebatan lini serang Liverpool. Menurutnya lini serang The Reds saat ini tak ada duanya.

"Sangat menyakitkan saya untuk mengakuinya, tetapi Liverpool adalah unit penyerang terbaik di sepak bola dunia saat ini," ujar Rooney.

Francesco Totti membela AS Roma dari tahun 1993 hingga 2017. Sementara itu Mohamed Salah dan Alisson Becker direkrut oleh Liverpool dari Roma pada tahun 2017 dan 2018.

(sunday times)

Disadur dari Bola.net (Dimas Ardi Prasetya,published 20/4/2020,published 20/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia
    AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia

    AS Roma

  • Bola.net