Sukses

Cegah Virus Corona Covid-19 dengan Terapkan Kearifan Lokal

Wadah yang berisi air ini berfungsi agar warga selalu mencuci tangan dengan sabun pada wadah yang tersedia.

Liputan6.com, Jakarta- Virus Corona Covid-19 saat ini menjadi musuh bersama di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Berbagai cara dilakukan guna menghentikan penyebaran virus corona. 

Karang Taruna (Karta) Aruna Seroja, Desa Ranuklindungan, Grati, Pasuruan, misalnya menerapkan kearifan lokal untuk mencegah corona. Ketua Karta Aruna Seroja, Desa Ranuklindungan mengatakan karta yang dipimpinnya bersama pihak desa menyediakan 40 bak ukuran 25 liter. 

"Bak (wadah) ini kami tempatkan di depan-depan gang, kemudian di depan musala dan di tempat-tempat umum desa kami. Bak ini berisi air dan ada sabunnya juga untuk mencuci tangan warga," kata Supri kepada awak media, Minggu (12/4/2020). 

Wadah yang berisi air ini berfungsi agar warga selalu mencuci tangan dengan sabun pada wadah yang tersedia. Dengan menjaga pola hidup bersih, maka penyebaran virus corona bisa dicegah lebih cepat. 

"Jadi bak ini kami serahkan ke warga, nanti mereka yang setiap hari mengisi air. Ini juga bagian dari pemberdayaan warga, agar warga ikut bertanggung jawab menanggulangi virus corona, juga biar merasa memiliki," imbuh pimpinan karta yang tergabung dalam Heppiii Community. 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Positif

Menurutnya aktivitas ini sudah berjalan selama dua pekan lamanya. "Jadi kami ada kas yg salah satu sumbernya didapat dari program Heppiii Community yang bisa kami belikan wadah tersebut," terangnya.

Dipilihnya wadah untuk ditempatkan di depan rumah warga kata dia adalah bagian dari wujud kearifan lokal. "Jadi rumah-rumah zaman dulu itu kan di depannya selalu ada gentong atau istilah di sini padusan," paparnya. 

Hal itu pula yang menginspirasi karta di desanya membuat konsep kearifan lokal tersebut. Sejauh ini tanggapan masyarakat sangat positif, hal ini juga bagian dari mensukseskan program pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona melalui karta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini