Sukses

4 Tips Mendapatkan Informasi Tepat Soal Virus Corona di Internet

Liputan6.com, Jakarta- Penyebaran virus Corona Covid-19 telah memberikan dampak besar pada kesehatan di seluruh dunia.  Di Indonesia pun virus corona telah menciptakan sejumlah perubahan besar dalam rutinitas sehari-hari. 

Sebagian besar masyarakat Indonesia kini sudah berada di rumah. Proses belajar-mengajar, bekerja, dan segala aktivitas lainnya seperti olahraga pun kini dilakukan di rumah. Untuk bisa saling terhubung dengan rekan kerja dan teman-teman serta keluarga, masyarakat Indonesia memanfaatkan Internet untuk saling berkomunikasi.

Tanpa perlu mengunjungi rumah sakit atau klinik terdekat, kini masyarakat Indonesia juga melakukan banyak hal lainnya lewat Internet. Seperti melakukan konsultasi kesehatan lewat telemedis, belanda online, hingga mencari berita dan informasi terkini mengenai virus Corona. 

Mengingat ada begitu banyak informasi terkait virus ini yang tersebar lewat media sosial aplikasi obrolan, Google berusaha membantu masyarakat Indonesia mendapatkan informasi yang kredibel dan tepat mengenai virus Corona atau COVID-19 ini.

Kamu bisa mencari informasi terkait virus corona di Internet yang tepat dan dapat dipercaya dengan 4 cara berikut ini. 

2 dari 5 halaman

1. Rumah Sakit dan Tempat Tes Rujukan Terdekat

Kamu bisa menemukan rumah sakit dan tempat tes rujukan terdekat yang sesuai dengan rekomendasi Kemenkes RI dan BNPB lewat Google Search atau Maps. Kamu cuma tinggal memasukkan kata kunci seperti “coronavirus tes dekat saya”, “tes virus corona dekat saya” atau “tes covid 19 dekat saya.” 

Google akan menunjukkan lokasi terdekat. Rumah sakit dan tempat tes yang Google tunjukkan ditandai dengan label “Pusat tesCOVID-19” di bawah namanya. Google juga akan memberikan notifikasi pengingat untuk memverifikasi informasi dengan menghubungi hotline “119” sebelum kamu mengunjungi tempat tes atau rumah sakit rujukan. 

 

3 dari 5 halaman

2. Berita Terbaru

Tidak semua informasi yang tersebar lewat internet atau juga aplikasi obrolan mengenai virus Corona memiliki kredibilitas tinggi. Untuk itu, Sahabat Fimela bisa mencari tahu informasi terkini mengenai hal terkait lewat berita-berita terbaru dari media online yang terpercaya. 

Selain itu, Google juga akan memberikan daftar berita terbaru dan link informasi resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dipimpin BNPB pada Peringatan SOS di Google Search. 

Peringatan ini akan muncul untuk pencarian kata kunci seputar “COVID-19”atau “virus corona." Informasi lainnya juga akan muncul seperti kampanye kesadaran kebersihan ketika kamu mencari kata kunci terkait “tips coronavirus” dan “tips COVID-19.” Sementara itu, Asisten Google juga bisa menunjukkanmu pilihan lagu mencuci tangan selama 40 detik yang tersedia dalam fitur Bahasa Indonesia, dengan mengucapkan "lagu cuci tangan."

4 dari 5 halaman

3. Video YouTube

Kamu tentu saja bisa menonton dan mencari informasi terbaru terkait virus Corona dalam bentuk video di YouTube. Nanti, kamu akan melihat sumber-sumber kredibel yang mengarahkanmu kepada informasi resmi, misalnya dari Kemenkes RI. Informasi ini akan muncul pada beranda, penelusuran, dan sistem rekomendasi YouTube. 

Selain itu, juga ada panel informasi banner di semua penelurusan YouTube terkait COVID-19 di 28 negara, termasuk Indonesia. Panel ini bisa membantumu mendapatkan informasi terbaru dari sumber yang bisa dipercaya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Galeri "Berita COVID-19" di beranda YouTube. 

 

5 dari 5 halaman

4. Hiburan

Selain informasi, YouTube juga mendorong para kreator untuk mengajak masyarakat Indonesia yang sedang menjalani isolasi diri di rumah saling terhubung, aktif, dan terhibur.

Kamu bisa mencari berbagai konten hiburan yang inspiratif lewat tagar “Masak Sama Saya” dan“Mabar Sama Saya” hingga “Bersih-Bersih Sama Saya" dan "Belajar Sama Saya" serta 9 playlistlainnya. 

Disadur dari Fimela (Penulis Karla Farhana)