Sukses

4 Faktor Kenapa Liga Inggris Musim Ini Sulit Dibatalkan, Fans Liverpool Bisa Tersenyum

Liverpool - Kompetisi Liga Inggris 2019-2020 sedang mengalami penundaan hingga 30 April 2020 akibat pandemi virus corona. Fans Liverpool sempat ketir-ketir gelar juara yang sudah di depan mata, yang sudah dinanti 30 tahun lamanya, akan sirna begitu saja.

Pasalnya, sebelum penundaan Liga Inggris pada 13 Maret 2020, Liverpool tinggal membutuhkan dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar.

Saat ini Liverpool mengoleksi poin 82 dari 29 pertandingan, unggul 25 poin dari Manchester City, yang ada di posisi kedua.

Semenjak terjadi penundaan Premier League, muncul desas-desus kompetisi akan dihentikan apabila pandemi virus corona semakin parah. Pihak Premier League telah melakukan beberapa kali rapat darurat dengan semua klub terkait kelanjutan kompetisi.

Namun, kesepakatan yang baru dicapai sebatas penundaan hingga 30 April. Pasalnya, jika kompetisi dihentikan akan menimbulkan kerugian besar secara finansial.

Seperti dilansir dari Caughtoffside, Rabu (1/4/2020), fans Liverpool sedikit bisa bernapas lega, impian menyabet gelar juara Liga Inggris musim ini tidak akan pupus.

Setidaknya, ada lima alasan kompetisi tetap harus dilanjutkan di tengah pandemi corona. Berikut Bola.com berikan alasannya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Banyak Klub Belum Sepakat Terkait Penghentian Liga

Mayoritas klub Premier League menentang gagasan pembatalan musim 2019-2020. Meski, mereka masih ragu bisa menyelesaikan musim ini atau tidak.

Terlebih, pengambilan keputusan pembatalan musim 2019-2020 membutuhkan persetujuan dari dua pertiga mayoritas. Itu berarti 14 dari 20 tim peserta.

Sementara, belum tampak klub-klub yang nyata menghendaki pembatalan.

3 dari 5 halaman

2. Tekanan Keuangan

Tekanan keuangan menjadi masalah serius jika kompetisi dibatalkan. Klub-klub papan atas bisa merugi hingga 1,2 miliar pounds.

Angka kerugian terbesar ada di kegagalan penayangan pertandingan atau hak siar, karena sebagian uang akan kembali ke pemegang hak siar.

4 dari 5 halaman

3. Perlu Mendapat Dukungan dari Tim-tim EFL

Pembatalan Premier League 2019-2020 juga perlu mendapat dukungan dari tim EFL. Pasalnya klub-klub tersebut berada di ambang promosi ke Premier League.

Terlebih Leeds United berada di puncak Klasemen semetara Championship. Mereka sudah merindukan kembali ke Premier League selama 16 tahun.

5 dari 5 halaman

4. Citra Premier League Menjadi Buruk

Pembatalan Premier League 2019-2020 juga mempertaruhkan nama baik. Jika musim ini dihapus dari buku catatan, akan menimbulkan rasa kecewa mendalam dalam hubungan fans dengan pertandingan. Hal ini bisa merusak citra Premier League untuk waktu yang lama.

Terlebih dengan kasus virus corona, ini menunjukkan kemungkinan besar musim-musim selanjutnya bisa bernasib serupa jika mengahadapi pandemi atau gangguan lain.

Sumber: Caughtoffside

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto/Aning Jati, published 1/4/2020)