Sukses

Jadwal MotoGP 2020: Seri Pembuka Berpotensi Berlangsung di Jerez

Liputan6.com, Jerez - Seri pembuka ajang MotoGP 2020 harus batal digelar karena tiga balapan awal di antaranya mengalami perubahan jadwal setelah ancaman pandemi virus corona covid-19. Rencananya, balapan pembuka MotoGP 2020, dijadwalkan di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Seharusnya, seri perdana MotoGP 2020 digelar di Qatar pada 8 Maret lalu. Tapi, Qatar memilih mundur dan tiga negara tuan rumah MotoGP setelah mereka juga memutuskan mengundurkan diri.

FIM dan Dorna Sports hingga sekarang masih belum menentukan kapan dan di mana balapan perdana MotoGP 2020 berlangsung. Opsi terbaru yakni balapan musim ini bisa saja lanjut sampai tahun depan.

Presiden Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Jorge Viegas, menyatakan musim balap MotoGP 2020 kemungkinan diperpanjang dan baru berakhir pada awal 2021, setelah penundaan di awal tahun ini.

"Ya, apabila dibutuhkan. Anda bisa bayangkan beberapa balapan saat ini yang belum dibatalkan dan kami harus menyelesaikan balapan MotoGP dalam waktu yang lebih lama," jelas Jorge Viegas, seperti dilansir Crash.

2 dari 4 halaman

Dijadwal Ulang

Apabila berdasarkan jadwal saat ini, MotoGP 2020 bakal dimulai di Jerez, Spanyol pada 1-3 Mei nanti. Untuk balapan di Qatar, Thailand, Amerika Serikat, dan Argentina bisa dijadwal ulang.

Regulasi menyebutkan bahwa satu musi MotoGP memerlukan minimal 13 seri balapan untuk bisa dikategorikan selesai. Faktor ini pula yang membuat FIM mempertimbangkan opsi menjalankan MotoGP 2020 sampai Januari 2021.

"Kami upayakan semaksimal mungkin demi menjaga kelayakan nama besar ajang ini. Jika diperlukan, kami bisa saja menggelarnya hingga Januari 2021, dan itu bukan sesuatu yang aneh bagi kami," terangnya.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Baru MotoGP 2020

Kemungkinan Jadwal Baru MotoGP 2020

3 Mei: Spanyol, Jerez

17 Mei: Prancis, Le Mans

31 Mei: Italia, Mugello

7 Juni: Catalunya, Barcelona

21 Juni: Jerman, Sachsenring

28 Juni: Belanda, Assen

21 Juli: Finlandia, KymiRing

9 Agustus: Republik Ceko, Brno

16 Agustus: Austria, Red Bull Ring

30 Agustus: Inggris, Silverstone

13 September: San Marino, Misano

27 September: Aragon, Motorland Aragon

4 Oktober: Thailand, Buriram

18 Oktober:Jepang, Motegi

25 Oktober: Australia, Phillip Island

1 November: Malaysia, Sepang

15 November: Amerika Serikat, COTA

22 November: Argentina, Termas de Rio Hondo

29 November: Valencia, Ricardo Tormo 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua
Loading
Artikel Selanjutnya
Gara-Gara Corona Covid-19, Sejumlah Klub Liga Prancis Berpotensi Bangkrut
Artikel Selanjutnya
Zlatan Ibrahimovic Bakal Cabut dari AC Milan