Sukses

MotoGP Qatar Dibatalkan Akibat Virus Corona, Berikut Kronologi Penundaan Versi Dorna

Doha - Seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini, dibatalkan karena penyebaran virus Corona yang begitu masif. Setelah itu, seri kedua di Sirkuit Buriram, Thailand, juga sudah ditunda.

Dorna sebagai penyelenggara MotoGP lewat sang CEO Carmelo Ezpeleta memberikan keterangan resmi terkait dibatalkannya lomba di Sirkuit Losail.

Ezpeleta menyebut pihaknya telah melakukan kontak sangat intensif dengan pihak berwenang di Qatar untuk memahami apa yang bisa dilakukan akibat efek Corona.

Namun pada Sabtu dan Minggu akhir pekan lalu, menurutnya jadwal MotoGP Qatar masih belum berubah dan bakal berlangsung pada akhir pekan ini.

Namun situasi berganti secara drastis pada Minggu malam. "Kami menerima indikasi dari pihak berwenang di Qatar mengenai situasi di Italia dan seluruh dunia karena mereka akan tiba dari negara masing-masing," Ezpeleta menuturkan.

"Kebijakan pemerintah setempat, mereka perlu memastikan tidak berada di Italia selama 14 hari terakhir jika ingin berangkat ke Qatar. Jelas itu tidak mungkin buat rombongan MotoGP dan inilah yang menyebabkan pembatalan lomba," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Bukan Larangan ke Qatar

Namun Ezpeleta coba meluruskan bahwa maksud pemerintah Qatar bukan berarti orang-orang Italia dilarang masuk ke negara mereka. Namun akibat Corona, mereka yang berasal dari Italia, harus dikarantina terlebih dahulu selama 14 hari di Qatar.

Tentu saja fakta di atas sama sajak tidak memungkinkan buat rombongan MotoGP, khususnya dari Italia, melakukan aktifitas terkait balapan.

"Hanya saja karena kelas Moto2 dan Moto3 telah melakukan sesi tes di sana pekan ini, sehingga memungkinkan GP Qatar tetap lanjut untuk dua kelas itu plus Asia Talent Cup," Ezpeleta menerangkan.

3 dari 4 halaman

Update Kalender MotoGP 2020

05/04 AS (Circuit of the Americas)

19/04 Argentina (Termas de Rio Hondo)

03/05 Spanyol (Circuito de Jerez – Angel Nieto)

17/05 Prancis (Le Mans)

31/05 Italia (Autodromo del Mugello)

07/06 Catalunya (Catalunya)

21/06 Jerman (Sachsenring)

28/06 Belanda (TT Circuit Assen)

12/07 Finlandia (KymiRing)

09/08 Rep Ceko (Automotodrom Brno)

16/08 Austria (Red Bull Ring-Spielberg)

30/08 Inggris (Silverstone)

13/09 San Marino & Riviera (Rimini MWC Marco Simoncelli)

04/10 Aragon (MotorLand Aragon)

18/10 Jepang (Twin Ring Motegi)

25/10 Australia (Philip Island)

01/11 Malaysia (Sepang International Circuit)

15/11 Valencia (Comunitat Valenciana-Ricardo Tormo)

Ket: Lomba kelas MotoGP di GP Qatar dibatalkan dan GP Thailand ditunda

Sumber: Crash.net

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Hendry Wibowo, Published 3/3/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan video MotoGP berikut ini