Sukses

5 Transfer Mengejutkan Bhayangkara FC Jelang Liga 1 2020

Jakarta - Klub-klub kontestan Liga 1 berlomba memperkuat skuat menjelang bergulirnya kompetisi musim 2020. Salah satu klub yang kiprahnya paling mengejutkan adalah Bhayangkara FC

Bhayangkara FC tampaknya tak puas musim lalu hanya bercokol di posisi keempat klasemen akhir Liga 1 2019, dengan koleksi 53 poin. Klub berjuluk The Guardians tersebut habis-habisan melakukan persiapan maksimal menghadapi Liga 1 2020. 

Musim lalu, Bhayangkara terpaut 11 poin dari Bali United yang menjadi juara. Posisi kedua dan ketiga ditempati Persebaya Surabaya dan Persipura Jayapura, yang masing-masing mengantongi 54 dan 53 poin. 

Ambisi Bhayangkara FC memperbaiki prestasi dilakukan dengan jor-joran membeli pemain. Mereka dengan cepat dan gesit menggaet pemain-pemain bintang. 

Tak ada keterangan resmi berapa kocek yang harus dikeluarkan Bhayangkara FC untuk mengumpulkan para pemain bintang. Yang jelas, banderol para pemain tersebut diyakini tak murah. 

Siapa saja pemain bintang yang secara mengejutkan direkrut Bhayangkara FC. Berikut empat manuver mengejutkan Bhayangkara FC di bursa transfer menjelang Liga 1 2020. 

2 dari 6 halaman

1. Renan Silva

Bhayangkara FC resmi mengumumkan kedatangan pemain terbaik Liga 1 2019, Renan Silva, pada 18 Februari. Gelandang asal Brasil itu dikontrak selama semusim.

Pada musim lalu, Renan Silva memperkuat Borneo FC. Catatan 30 penampilan dan 12 gol berbuah pemain terbaik kompetisi kepadanya.

"Sesuai kebutuhan tim, menurut pelatih kepala yang membutuhkan pemain yang bermain di posisi sembilan, saya sebagai Direktur Teknik bersama jajaran manajemen berusaha memberikan beberapa opsi yang terbaik. Dan, pelatih memilih Renan Da Silva. Ia kami kontrak dengan durasi satu musim," ujar Yeyen Tumena, Direktur Teknik Bhayangkara FC.  

 

3 dari 6 halaman

2. Ezechiel N'Douassel

Manuver Bhayangkara FC yang mengejutkan jelang Liga 1 2020 salah satunya dengan menggaet pemain Persib Ezechiel N'Douassel, pada 22 Januari. 

Penyerang asal Chad itu direkrut melalui mekanisme transfer. Sebab, kontrak Eze, panggilan Ezechiel, di Persib masih tersisa semusim lagi. Dengan kehadiran pemain berusia 31 tahun ini, maka kuota legiun asing Bhayangkara FC telah penuh.

Bhayangkara FC memperkenalkan Eze sebagai rekrutan baru pada Selasa (21/1/2020), melalui akun instagram resmi mereka.

"Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC, Sumardji, mengatakan Bhayangkara FC perlu merogoh kocek untuk mendatangkan Eze. Namun, ia tak mamu membuka berapa nominalnya.

"Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Eze bergabung dengan kami. Saya sudah pernah bertemu dengan Ezechiel sebelumnya dan ia pemain yang baik," ujar pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster dinukil dari laman klub.

"Banyak dari pemain kami pun sudah tahu tentang Eze dan bisa langsung berkomunikasi dengannya. Kini, kami fokus untuk mengembalikan kondisinya ke performa terbaik mengingat ia baru kembali dari liburan di negaranya," kata Munster.

Setelah mendapatkan Eze, perburuan pemain asing Bhayangkara FC untuk Liga 1 2020 pun tuntas. The Guardian memastikan tidak memperpanjang kontrak Anderson Salles dan Bruno Matos.

 

4 dari 6 halaman

3. Ruben Sanadi

Gairah Bhayangkara FC di bursa tranfer berlanjut. Tim berjulukan The Guardians itu mendatangkan Ruben Sanadi dari Persebaya Surabaya, Rabu (29/1/2020). 

Sebelumnya, Ruben Sanadi telah mengucapkan perpisahan kepada Persebaya. Pemain asal Papua tersebut akan mengisi posisi bek sayap kiri Bhayangkara FC.

"Ruben Sanadi sudah resmi bersama tim Bhayangkara. Dia dikontrak selama satu musim," ujar Direktur Teknik Bhayangkara FC, Yeyen Tumena.

"Dia dipilih memang dari evaluasi tim pada musim lalu yang membutuhkan bek kiri setelah ditinggal oleh Bagas Adi Nugroho," kata Yeyen Tumena.

Bersama Persebaya musim lalu, Ruben Sanadi mengemban sebagai kapten. Pemain berusia 33 tahun itu mencatatkan 30 penampilan dengan 29 laga di antaranya sebagai starter. 

5 dari 6 halaman

4. Andik Vermansah

Bhayangkara FC benar-benar layak menyandang sebutan tim bertabur bintang pada musim ini. Bhayangkara FC kembali membuat geger bursa transfer Liga 1 2020. Setelah meresmikan Ruben Sanadi pada Rabu (22/1/2020), tim berjulukan The Guardians itu juga mendatangkan Andik Vermansah.

Kedatangan Andik Vermansah ke Bhayangkara FC sudah dipastikan. Mantan pemain Madura United itu telah menandatangani kontrak berdurasi setahun pada Rabu (29/1/2020).

 "Betul. Setelah Ruben Sanadi, Andik merapat ke Bhayangkara FC," ujar Chief Operating Officer (COO), Bhayangkara FC, Sumardji ketika dihubungi Bola.com, Rabu (29/1/2020).

Sumardji menerangkan terdapat klausul pada kontrak Andik. Bhayangkara FC punya opsi perpanjangan ikatan kerja untuk pemain berusia 28 tahun ini.

"Kontraknya memang hanya semusim di Bhayangkara FC namun kami punya opsi untuk memperpanjangnya," jelas Sumardji mengenai kontrak Andik Vermansah.

   

6 dari 6 halaman

5. Titus Bonai

Manuver Bhayangkara FC berlanjut dengan mendatangkan amunisi baru lagi. Kali ini, pemain yang bergabung adalah Titus Bonai, yang musim lalu memperkuat Persipura Jayapura. 

Kabar bergabungnya pemain yang akrab disapa Tibo tersebut diumumkan melalui Instagram pribadinya, Kamis (29/1/2020). 

 
 
 
View this post on Instagram

PUJI TUHAN 2020 BHAYANGKARA FC

A post shared by TIBO25 (@tibo25115) on

 

Pada musim lalu, Titus Bonai memberikan kontribusi cukup menjanjikan bagi Persipura Jayapura. Mantan pemain Timnas Indonesia tersebut tampil dalam 26 di Persipura pada Liga 1 2019. Dia tercatat mencetak 13 gol dan 3 assist.

 

Main Bareng Grace
Loading