Sukses

Jurgen Klopp Otak dari Kesuksesan Liverpool

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool menjadi salah satu tim mengerikan di kancah Eropa. Pada tahun 2019, The Reds, sebutan Liverpool, memenangkan tiga piala sekaligus, yakni Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Hebatnya lagi, dalam dua musim terakhir, Liverpool selalu masuk final Liga Champions. Pada musim ini, mereka berpeluang juara Liga Inggris setelah unggul 13 poin dari Leicester City.

Asisten manajer Liverpool, Pepijn Lijnders mengungkap rahasia sukses tim yang bermarkas di Anfield Stadium tersebut. Menurunya, Jurgen Klopp merupakan otak dari segala kesuksesan Mohamed Salah dan kawan-kawan.

"Jurgen Klopp telah menciptakan budaya pemain yang hebat. Setiap departemen di klub merasakan tanggung jawab ini dan terhubung dengan lebih baik. Sudah jelas apa yang kita inginkan dan standar telah naik, naik, dan naik," kata Lijnders, di situs resmi klub.

"Berkat Klopp, orang-orang mengatakan Liverpool berkembang sangat banyak di sana-sini tetapi saya pikir kekuatan utama kami adalah bahwa kami selalu bersama. Maksud saya di lapangan, jarak, organisasi, seperti kita," ujarnya melanjutkan.

 

2 dari 4 halaman

Kekompakan Tim

Lijnders mengatakan, Klopp berhasil menyatukan ego para pemain Liverpool. Tak ada satu pun di antara Mohamed Salah dan kawan-kawan yang merasa sempurna.

"Itu satu-satunya cara untuk menjadi tim yang agresif dan menekan. Jika jarak dan organisasi tim tidak benar, maka Anda tidak memiliki peluang."

"Di situlah kami membuat kemajuan terbesar. Di mana pun permainan berada di lapangan, kami ada bersama. Tim yang kompak, tim yang intens, baik saat menguasai bola ataupun tidak," ucapnya.

 

3 dari 4 halaman

Pantang Menyerang

Selain itu, Liverpool disebut Lijnders tidak pantang menyerang. The Reds berhasil bangkit setelah kalah memalukan di final Liga Champions 2017/18 dengan skor 1-3 dari Real Madrid.

"Kepercayaan yang saya dapatkan dari menjaga hal-hal sederhana, tidak pernah menyerah dalam perjalanan, percaya pada latihan, pesan yang jelas dengan banyak keyakinan dari Jurgen Klopp," katanya mengakhiri.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: