Sukses

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Resmi Buka SEA Games 2019

Prosesi pembukaan SEA Games 2019 diawali dengan pagelaran kolosal tari-tarian. Kontingen Indonesia mengenakan baju tradisional Tanah Air saat parade peserta.

Liputan6.com, Manila - Pesta olahraga antarnegara ASEAN atau SEA Games 2019 resmi dibuka Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu (30/11/2019). Upacara pembukaan kejuaraan multi-event se-Asia Tenggara ke-30 ini, berlangsung sangat meriah. Duterte dalam sambutan singkatnya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta event olahraga ini.

Sebelumnya, acara diawali laporan dari Ketua Panitia Pelaksana SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC), Alan Peter Cayetano dan Presiden Komite Olimpiade Filipina (POC), Abraham Tolentino. Alan Peter Cayetano mengatakan bahwa penyelenggaraan event kali ini mengusung tema besar bertajuk “We Win As One” Sementara, Abraham Tolentino menjanjikan pagelaran kali ini akan menjadi yang terbaik.

Satu jam sebelum acara pembukaan SEA Games 2019 dimulai, puluhan ribu penonton sudah memadati stadion. Selain itu, dalam acara pembukaan SEA Games 2019 yang digelar gedung indoor terbesar dunia ini, hadir sejumlah undangan dari berbagai negera peserta dan tamu lainnya.

Prosesi pembukaan diawali dengan pagelaran kolosal tari-tarian dari suku-suku yang ada di Filipina. Selain tari, tampil pula seni bela diri khas negara tersebut yang dibawakan puluhan orang.

Selepas pagelaran tari-tarian, acara dilanjutkan dengan defile peserta SEA Games 2019, yang diawali rombongan Brunei Darusallam, kemudian Kamboja. Indonesia ada di urutan ketiga peserta parade.

Simak Video SEA Games 2019

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakaian Tradisional

Kontingen Indonesia yang mengenakan baju tradisional Tanah Air mendapat sambutan meriah dari penonton. Aktris Filipina, Megan Young, memimpin arak-arakan kontingen Indonesia. Sedangkan, pembawa bendera Merah Putih adalah atlet polo air putra Indonesia, Ridjkie Mulia.

Defile peserta SEA Games 2019 dilanjutkan dengan kontingen Laos, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam. Dan peserta terakhir adalah kontingen tuan rumah Filipina, yang langsung mendapat sambutan meriah dari penonton, termasuk Presiden Duterte yang didampingi Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.