Sukses

Lionel Messi Selalu Peringatkan Barcelona soal Tragedi Roma

Liputan6.com, Barcelona- Bintang Barcelona, Lionel Messi sudah mengalami dua kali kekalahan menyakitkan di fase krusial Liga Champions. Teranyar pada musim lalu, 2018-2019, saat Liverpool mempermalukan Barcelona dengan skor 4-0 di stadion Anfield.

Laga itu dikenang sebagai kegagalan besar Barcelona. Tim asuhan Ernesto Valverde ini menang 3-0 di leg pertama, Camp Nou. Seharusnya, tidak ada alasan untuk tidak percaya diri kala melawat ke Anfield pada leg kedua.

Nahas, yang terjadi justru sebaliknya. Barca tampak kerdil di hadapan atmosfer Anfield. Lionel Messi tak berdaya, kemenangan 3-0 di kandang jadi tak berguna karena mereka takluk 0-4 di leg kedua.

Kini, terungkap bahwa Lionel Messi sudah memperingatkan skuad Barcelona sebelum pertandingan melawan Liverpool. Dia memperingatkan rekan-rekannya tentang kemungkinan ancaman tragedi Roma terulang kembali.

 

2 dari 4 halaman

Ingatan Roma

Semusim sebelumnya, Barcelona mengalami situasi yang hampir sama. Perempat final Liga Champions, mereka menang 4-1 di Camp Nou, lalu kalah mengenaskan 0-3 di Stadio Olimpico.

Kekalahan inilah yang ternyata memengaruhi kondisi mental skuad Barca sebelum bermain di Anfield. Ya, bahkan sebelum pertandingan dimulai, pemain-pemain Barca 'sudah kalah' secara mental.

Kemudian, kondisi mental yang buruk itu merosot lebih parah lagi karena atmosfer Anfield yang begitu mencekam. Barca jadi tim yang berbeda, lebih lemah dan kalah.

 

3 dari 4 halaman

Wanti-Wanti Messi

Uniknya, sebelum pertandingan tersebut, Messi sudah memperingatkan rekan-rekan setimnya. Sebagai kapten, Messi mencoba membakar semangat skuad dengan meminta mereka melupakan kekalahan Roma.

"Ayolah kawan-kawan, ingat Roma adalah kesalahan kita, bukan orang lain, jangan biarkan hal yang sama terjadi lagi," ujar Messi di ruang ganti sebelum sepak mula.

"Itu kesalahan kita, sekarang kita tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Jika kita melakukannya dengan baik, kita bakal sampai di sana [final]. Ayolah, mari melangkah."

Pesan Messi di atas terungkap dalam rilisan dokumenter Rakuten 'Matchday' yang menggambarkan apa kejadian sebenarnya pada kekalahan 0-4 dari Liverpool di Anfield tersebut.

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.net (Richard Andreas,published 30/11/2019)

 

4 dari 4 halaman

Video

Loading
Artikel Selanjutnya
Barcelona Perpanjang Kontrak Ansu Fati, Nilai Klausul Pelepasan Fantastis
Artikel Selanjutnya
Real Madrid Bakal Lepas Lencana Juara Dunia Klub Usai Melawan Barcelona