Sukses

7 Bisnis Pemain Bola Indonesia, Dari Sewakan Odong-Odong hingga Barbershop

Jakarta - Karier seorang pemain bola memang tidak terlalu panjang. Karier para pemain biasanya mulai turun saat memasuki kepala tiga atau memasuki masa pensiun.

Megabintang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi juga sudah memasuki fase-fase krusial dalam kariernya. Mereka sudah memasuki usia kepala tiga dan mungkin beberapa tahun lagi bakal pensiun. 

Untuk mempersiapkan masa pensiun, Ronaldo sudah membangun bisnis lain di luar sepak bola atau berinvestasi. Lantas bagaimana dengan para pemain sepak bola yang berkompetisi di Liga Indonesia.

Pemain Liga Indonesia pun memiliki bisnis sampingan di luar sepak bola. Karier yang pendek dan tantangan setelah gantung sepatu menjadi faktor para pemain mulai merintis usaha.

Terlebih kompetisi Liga Indonesia pernah berhenti karena imbas dari pembekuan PSSI oleh FIFA pada 2015. Pemain pun harus memutar otak untuk bisa menyambung hidup selain bermain sepak bola.

Bola.com mengumpulkan sederet pemain sepak bola Liga Indonesia yang merintis bisnis sampingan di luar lapangan hijau, yang dirangkum dari berbagai sumber. 

2 dari 8 halaman

1. Hamka Hamzah Berbisnis Warung Kopi

Kapten Arema FC, Hamka Hamzah, telah membuka bisnis warung kopi dengan nama Warkop 23 pada 2017. Ia memulai bisnisnya pada 2017 di Makasar.

Pada Maret 2019 ia membuka cabang kedua di Malang. Lokasi warung kopi ini terletak di Jalan Kawi Atas, Kota Malang dengan menawarkan dua jenis kopi yakni, Arabica dan Robusta.

 

3 dari 8 halaman

2. Galih Sudaryono Mencoba Bisnis Penyewaan Odong-Odong

Galih Sudaryono merupakan kiper Persis Solo dalam mengarungi kompetisi Liga 2 2019. Mantan kiper Persija Jakarta ini memiliki jiwa wirausaha yang tinggi.

Ia sempat merambah bisnis sebagai operator penyewaan odong-odong pada 2015. Keuntungan dari usaha tersebut ia gunakan untuk menambah bisnis baru di bidang pakaian muslim.

 

4 dari 8 halaman

3. Kim Jeffrey Kurniawan Berbisnis Clothing dan Barbershop

Pada 2019 pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan memulai bisnis di bidang clothing dan barbershop. Ia membuka usanya di Jalan Sulanjana No 5, Bandung.

Barang dagangan yang ia jual di clothing miliknya meliputi jaket, celana, baju,sweater, sandal, tas, topi, dan kacamata.

5 dari 8 halaman

4. Atep Mendirikan SSB

Mantan Kapten Persib Bandung, Atep Rizal memiliki bisnis sampingan yang menjanjikan. Ia mendirikan sekolah sepak bola (SSB) di Cianjur, Jawa Barat pada 2007 dan diberi nama A7.

Saat ini, Atep masih aktif bermain sepak bola dengan memperkuat Mitra Kukar yang berkompetisi di Liga 2.

 

6 dari 8 halaman

5. Johan Ahmat Farizi Bisnis Barbershop

Johan Ahmat Farizi juga merintis usaha sampingan sejak 2018. Bek sayap Arema FC ini membuka bisnis pangkas rambut dengan nama Jhon87 Barber Shop di Malang.

Diperkirakan omset dari bisnis tersebut mencapai Rp500 ribu per harinya.

7 dari 8 halaman

6. Andik Vermansyah Geluti Bisnis Perkebunan Jeruk

Pemain Madura United, Andik Vermansyah memiliki usaha sampingan yang berbeda dengan pemain sepak bola Indonesia lainnya. Mantan pemain Kelantan FA ini menggeluti bisnis perkebunan jeruk sejak 2014.

Selain memiliki perkebunan jeruk, Andik Vermansyah, juga membuka bisnis lapangan futsal di kawasan Depok, Jawa Barat.

 

8 dari 8 halaman

7. Amarzukih Sang Juragan Tanah

Amarzukih merupakan mantan pemain Persija Jakarta yang kini membela Persita Tangerang. Klub tersebut akan promosi ke Liga 1 musim depan.

Amarzukih juga memiliki bisnis sampingan yang unik. Ia merupakan juragan tanah. Bisnis tersebut ia mulai pada 2015 yang merupakan usaha keluarga.

Penampakan Mobil Baru Cristiano Ronaldo Senilai Rp 145 Miliar
Loading