Sukses

Harry Kane Paling Dominan di Kualifikasi Euro 2020

Liputan6.com, London- 20 negara dipastikan lolos ke Euro 2020 usai menjadi juara dan runner up grup pada kualifikasi Euro 2020. Kini ada empat slot tersisa yang akan diperebutkan lewat jalur play off, seiring berakhirnya kualifikasi Euro 2020.

Siapa pemain paling dominan selama kualifikasi Euro 2020? Dominan dalam arti tidak hanya paling banyak mencetak gol, tapi juga membantu terjadinya gol. Pemain yang dimaksud yaitu Harry Kane, bomber Timnas Inggris.

Ada banyak nama penyerang top yang ambil bagian dalam babak Kualifikasi Euro 2020. Persaingan pun sangat sengit. Robert Lewandowski yang menjadi raja gol di Bundesliga tampil bagus untuk Polandia dan membawa negaranya lolos ke Euro 2020.

Sedangkan, Ciro Immobile yang tampil apik bersama Lazio di Serie A belum mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama timnas Italia. Dia bersaing dengan Andrea Belotti untuk mendapat tempat utama di Italia.

Kehadiran Cristiano Ronaldo sebagai mesin gol timnas Portugal tentu tidak boleh dilewatkan. Meskipun sudah berusia 34 tahun, Ronaldo masih tajam. Hanya saja, Ronaldo bukan pencetak gol paling banyak di Kualifikasi Euro 2020 ini.

 

2 dari 3 halaman

Harry Kane Top Scorer Euro 2020

Harry Kane menjadi top skor babak Kualifikasi Euro 2020. Pemain timnas Inggris tersebut mencetak 12 gol. Pemain berusia 26 tahun tersebut dua kali mencatatkan hattrick yakni saat berjumpa Montenegro dan Bulgaria.

Pemain klub Tottenham tersebut unggul satu gol dari Cristiano Ronaldo yang menjadi top skor kedua. Ronaldo mencetak 11 gol untuk Portugal. Di babak grup ini, Portugal mencetak 22 gol. Artinya, 50 persen gol Portugal dicetak Ronaldo.

Menariknya, jumlah gol Ronaldo sama dengan Eran Zahavi. Penyerang Israel tersebut memang tampil mengejutkan. Pada usia yang tidak muda lagi, 32 tahun, Zahavi tetap subur. Zahavi tercatat mencetak dua kali hattrick di fase grup.

Di bawah ketiga pemain tersebut, ada nama Alexandr Mitrovic dan Temmu Pukki yang mencetak 10 gol. Bagi, Pukki, gol-golnya memiliki arti penting karena mampu membawa Finlandia untuk pertama kali lolos ke putaran final Euro.

 

3 dari 3 halaman

Harry Kane Paling Sering Terlibat Gol

Bukan hanya menjadi top scorer, Harry Kane juga tercatat sebagai pemain paling sering terlibat dalam proses gol di Kualifikasi Euro 2020. Pemain asla klub Tottenham tercatat terlibat dalam 17 gol timnas Inggris.

Harry Kane mencetak 12 gol dan lima assist. Catatan tersebut unggul dari Raheem Sterling yang terlibat dalam 14 gol untuk timnas Inggris. Rincian kontribusi Sterling yakni: delapan gol dan enam assist.

Sedangkan, Ronaldo tidak sekalipun mencatatkan assist dalam delapan laga yang dimainkan di Kualifikasi Euro 2020. Pemain klub Juventus mencetak 11 gol, paling banyak di antara pemain Portugal lainnya.

Sumber: Opta Joe

Disadur dari Bola.net (Asad Arifin, published 20/11/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Buru Pengganti Harry Kane, Tottenham Minta Real Madrid Pinjamkan Luka Jovic
Artikel Selanjutnya
Cedera Lebih Parah, Harry Kane Berpotensi Absen di Euro 2020