Sukses

Selain Lezat, Terong Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Terong juga baik bagi ibu hamil karena banyak mengandung asam folat yang bantu cegah cacat lahir. Terong juga dapat melindungi dari penyakit jantung

Terong bagi masyarakat Indonesia banyak manfaat dan bisa dinikmati dengan berbagai cara. Terong sering disayur, digoreng, dijadikan sambal atau hanya dinikmati sebagai lalapan.

Namun, rupanya di balik kelezatannya tersebut, terong mempunyai sejumlah nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Health, sayuran ungu ini dapat meningkatkan kekebalan dan melindungi arteri.

Meski demikian, di Amerika Serikat terong ternyata tidak begitu populer di kalangan konsumen. Bahkan, terong tidak masuk dalam peringat 20 besar sayuran yang dijual di Amerika Serikat.

Anthocyanin adalah pigmen yang memberi warna ungu pada terong yang punya sifat antioksidan. Antioksidan sendiri dihubungkan dengan anti-inflamasi dan dapat memberikan perlindungan dari obesitas.

2 dari 4 halaman

Fakta Nutrisi Terong

Senyawa antioksidan yang ada dalam terong adalah nasunin, yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas. Selain itu, juga dapat melindungi sel dari kerusakan yang menyebabkan penuaan dini. Ini menjadikan terong sebagai makanan yang bisa melindungi dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Fakta lainnya, ada antioksidan lain pada terong yaitu asam klorogenik yang baik bagi kekebalan. Terdapat juga kandungan mineral seperti mangan yang membantu memproduksi kolagen yang dapat membuat kulit dan tulang lebih sehat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Terong

Terong juga baik bagi ibu hamil karena banyak mengandung asam folat yang bantu cegah cacat lahir. Selain itu, terong juga kaya akan vitamin B, vitamin C, Vitamin K, dan potasium.

Terong dapat melindungi dari penyakit jantung karena mengandung antosianin yang telah terbukti dapat mengurangi kekakuan pada arteri dan tekanan darah sentral. Antosianin juga membantu mencegah kolesterol jahat (LDL) yang menjadi awal pembuluh darah mengeras yang kemudian menyebabkan serangan jantung.

4 dari 4 halaman

Rendah Karbohidrat

Terong dikatakan sebagai sayuran non-tepung. Kandungan karbohidrat dalam terong sangat rendah. Satu porsi terong yang disajikan dalam gelas seukuran bola bisbol hanya miliki kurang dari 6 gram kandungan karbohidrat.

Serat yang tedapat pada terong selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan juga membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Insulin sendiri dapat mengunag gula menjadi energi sehingga baik untuk mendukung program penurunan berat badan.

 

(Penulis: Winda Nelfira/Editor Dyah Puspita Wisnuwardani)

Loading
Artikel Selanjutnya
Terong, Lezat dan Kaya Manfaat Sehat