Sukses

Kongres PSSI: Satu Voters Punya 15 Hak Pilih

Kongres PSSI, Sabtu (2/11/2019) besok mengagendakan pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI masa jabatan 2019-2023.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Syarif Bustaman memastikan persiapan Kongres PSSI, Sabtu (2/11/2019) sudah 100 persen. Syarif juga mengungkapkan mekanisme pemilihan yang terdiri dari tiga tahapan.

Kongres PSSI besok mengagendakan pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI masa jabatan 2019-2023. Kongres bakal dilaksanakan di Hotel Shangri La, Jakarta.

Syarif menuturkan, pelaksanaan Kongres akan dimulai dengan mengabsen para peserta untuk memastikan jumlah kuorum. Ia mengungkapkan, butuh 58 suara atau 2/3 kuorum agar proses pelaksanaan pemilihan bisa berlangsung.

"Pertama role call, mengabsen untuk menentukan kuorum. Setelah kuorum 58 suara ata u2/3 maka kemudian Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum dan Exco lama demisioner, lalu sidang diserahkan kepada saya," ujarnya saat mengunjungi kantor Liputan6.com di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Sekadar informasi, ada 11 nama yang sejauh ini terdaftar menjadi calon Ketum PSSI, 15 calon Waketum, dan 71 calon anggota Exco. Untuk jumlah voters, ada total 86 voters yang bakal mengikuti Kongres besok.

Syarif menuturkan, masing-masing voters memiliki hak memilih sebanyak 15 suara. Untuk Ketum, voters memiliki satu suara, sementara waketum 2 suara, dan Exco 12 suara.

"Exco dari 12, satu nama harus perempuan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Calon Tak Wajib Hadir

Sementara itu, mengenai kehadiran, Syarif menuturkan calon Ketum PSSI tidak diwajibkan hadir dalam Kongres besok. Namun sebagai Ketua KP, ia telah memberikan rambu kepada para calon yang berniat hadir.

"Sebenernya kehadiran tidak wajib tetapi kita kasih konfirmasi mohon besok hadir membawa identitas lengkap dan jangan diwakilkan," ujar Syarif.

3 dari 3 halaman

Dihadiri FIFA

Di sisi lain, Syarif juga memastikan semua voters sudah hadir di Jakarta. Tak hanya itu, Kongres pun katanya bakal dihadiri perwakilan dari FIFA.

"Voters sudah di Shangri La, sudah check in dari kemarin, FIFA juga sudah di sini dua orang," katanya mengakhiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.