Sukses

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi Minta Menpora Fokus ke Sepak Bola

Indonesia baru saja ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, mengalahkan pesaingnya, Peru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan, dia diminta Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meminta dirinya konsentrasi membenahi sepak bola. Sebab, Indonesia baru saja ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Hal itu, diminta Presiden Jokowi saat pelantikan menteri untuk Kabinet Indonesia Maju, sehari sebelum Indonesia ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada Kamis (24/10/2019).

"Begitu ditugaskan, pesan utama Presiden adalah perbaiki tata kelola, baik di internal, induk-induk organisasi, hingga kepemudaan," kata Zainudin Amali, di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Kamis siang.

"Kedua, dunia olahraga. Saya ketika diperkenalkan Presiden menjadi menteri, dia (Jokowi) sempat berucap sepak bola kita. Ini tandanya kita akan konsentrasi ke sana," ujar pria kelahiran Gorontalo tersebut melanjutkan.

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 setelah berhasil mengalahkan kandidat lainnya yaitu Peru. Adapun, Brasil, menyatakan mundur dari bursa pencalonan sehari sebelum pengumuman FIFA.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Menyiapkan Jurus

Zainudin Amali melanjutkan, dirinya belum menyiapkan langkah untuk membantu PSSI menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2021. Dia ingin melaporkan kabar gembira ini terlebih dahulu kepada Jokowi.

"Belum (ada strategi), ini kita mau kordinasi. Kalau itu saya akan menghadap bapak Presiden, melaporkan secara resmi, kemudian minta arahan dari beliau. Lalu secara teknis kita akan kerja di lapangan," ujarnya.

"Kita akan komunikasi dengan PSSI, harus ada hasil yang didapatkan di sana itu. Saya sudah sampaikan, seberat apapun pekerjaan kalau kita kerjakan bersama, kita nikmati pekerjaan itu. Insya Allah hasilnya maksimal," kata Zainudin Amali.

 

3 dari 3 halaman

10 Stadion

Untuk menunjang perhelatan Piala Dunia U-20 2021, PSSI telah menyiapkan sepuluh stadion. Arena yang dipilih meliputi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Selain itu, ada juga Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, Yogyakarta, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.