Sukses

3 Jebolan Piala Dunia U-20 2019 yang Kini Menjadi Bintang

Piala Dunia U-20 banyak melahirkan bintang masa depan, tak terkecuali edisi 2019 di Polandia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Keputusan ini diambil lewat FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10/2019) waktu setempat.

Indonesia terpilih setelah bersaing dengan Peru. Kepastian terpilihnya Indonesia diumumkan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Untuk FIFA World Cup U-20 pada 2021 akan digelar di Indonesia," kata Infantino. "Selamat, selamat untuk Indonesia," Infantino menambahkan.

Piala Dunia U-20 menjadi jalan bagi para pemain muda untuk berkarier di level senior. Sejumlah nama bintang seperti Diego Maradona, Paul Pogba, Sergio Aguero, sampai Lionel Messi pernah mentas di ajang ini.

Tahun ini, Piala Dunia U-20 digelar di Polandia. Ukraina keluar sebagai juara setelah mengandaskan Korea Selatan 3-1.

Beberapa nama jebolan Piala Dunia U-20 2019 pun kini sudah mentas di level senior. Bahkan, salah satu di antaranya sedang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Liga Champions.

Siapa kah dia? Berikut daftar tiga jebolan Piala Dunia U-20 2019 yang kini menjadi bintang:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Erling Haland (Norwegia)

Erling Haland sudah menunjukan bakatnya sebagai salah satu bomber tajam di Piala Dunia U-20. Mencetak sembilan gol, Haland menyabet penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak.

Bakatnya pun tercium oleh klub Austria, RB Salzburg. Bomber yang kini berusia 19 tahun itu lalu dikontrak Salzburg untuk durasi lima tahun.

Keputusan Salzburg mengontrak Haland tak salah. Hingga matchday ketiga, Haland sukses memuncaki daftar pencetak gol Liga Champions dengan enam gol.

Salah satu klub yang gawangnya dibobol Haland adalah sang juara bertahan, Liverpool. Sayang, Salzburg harus menyerah 3-4.

3 dari 4 halaman

2. Lee Kang-in

Korea Selatan memang gagal menjadi juara di Piala Dunia U-20. Namun ajang itu sukses mengorbitkan nama Lee Kang-in ke pentas sepak bola dunia.

Lee sukses meraih penghargaan pemain terbaik di Piala Dunia U-20 2019. Kesuksesan itu membuat Valencia mempertahankannya di skuat utama.

Di musim ini, dia telah mencetak satu gol dari delapan penampilan. Bersama El Che, Lee diikat kontrak hingga Juni 2022.

Lee juga masuk ke dalam buku sejarah sepak bola Korea Selatan. Ya, ia adalah pemain termuda Korsel yang pernah debut di Liga Champions di usia 18 tahun 6 bulan.

4 dari 4 halaman

3. Andriy Lunin

Andriy Lunin juga memetik berkah dari keikutsertaan di Piala Dunia U-20. Sukses mengantar Ukraina juara, Lunin juga meraih penghargaan sarung tangan emas sebagai kiper terbaik.

Prestasi itu membuat Lunin sempat dipanggil ke tim senior untuk ajang Kualifikasi Piala Eropa 2020. Tak hanya itu, sejumlah klub juga tertarik untuk mendatangkannya.

Saat mengikuti Piala Dunia U-20, Lunin tercatat sebagai pemain Real Madrid. Namun minimnya kesempatan bermain membuat ia memilih dipinjamkan ke Real Valladolid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.