Sukses

Selain Wonderkid Barcelona, Inilah 8 Pencetak Gol Termuda di Panggung Sepak Bola Dunia

Jakarta - Pemain Barcelona Ansu Fati membuat cerita ketika merobek gawang Osasuna, akhir Agustus lalu. Dia mencatatkan diri sebagai pencetak gol termuda El Azulgrana di La Liga.

 

Fati mencetak gol di usia 16 tahun 304 hari. Ia menggeser Bojan Krkic sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk Barcelona.

Remaja berdarah Guinea-Bissau itu mulai menjadi fenomena ketika tampil untuk Barcelona pada laga pekan kedua. Saat itu, Barcelona meraih kemenangan 5-2 atas Real Betis.

Setelah menjalani laga perdana bersama Barcelona, Fati mendapat pujian dari seluruh pemain Barcelona, termasuk Lionel Messi.

Fati lalu menyempurnakan catatan positifnya ketika Barcelona menghadapi Osasuna. Dia membuktikan kalau bisa menjadi harapan masa depan Blaugrana.

Selain Fati di Barcelona, berikut ini adalah para pencetak gol termuda di kompetisi bergengsi di dunia:

2 dari 9 halaman

Pele - Piala Dunia

Pele menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia ketika masih berusia 17 tahun 239 hari. Legenda Brasil itu melakukan hal tersebut dalam laga melawan Wales pada Piala Dunia 1958.

3 dari 9 halaman

Johan Volanthen - Piala Eropa

Johan Volanthen merupakan pemain yang membela Swiss dengan menempati posisi winger. Ia menjadi sensasi ketika menjadi pencetak gol termuda Piala Eropa pada usia 18 tahun 141 hari. Volanthen melakukan hal tersebut ketika Swiss berhadapan dengan Prancis pada Piala Eropa 2004.

4 dari 9 halaman

Peter Ofori-Quaye - Liga Champions

Peter Ofori-Quaye tercatat sebagai pencetak gol termuda di Liga Champions. Ia mencatakan rekor tersebut ketika berusia 17 tahun 195 hari saat Olympiakos berhadapan dengan Rosenborg pada Liga Champions 1997-98.

5 dari 9 halaman

Romelu Lukaku - Liga Europa

Romelu Lukaku tercatat sebagai pencetak gol termuda di Liga Europa. Ia melakukannya ketika masih menjadi pemain Anderlecht pada Liga Europa 2009-10. Lukaku menjadi pencetak gol termuda dengan usia 16 tahun 218 hari.

6 dari 9 halaman

Fabrice Olinga - La Liga

Fabrice Olinga menjadi pencetak gol termuda La Liga dengan ketika berusia 16 tahun 98 hari. Ia melakukan hal tersebut ketika bermain untuk Malaga saat melawan Celta Vigo pada La Liga 2012-13.

7 dari 9 halaman

James Vaughan - Premier League

James Vaughan menjadi pencetak gol termuda di Premier League saat berusia 16 tahun 271 hari. Ia melakukan hal tersebut saat membela Everton dalam laga melawan Crystal Palace pada Premier League 2004-05.

8 dari 9 halaman

Nuri Sahin - Bundesliga

Nuri Sahin mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol termuda di Bundesliga. Ia menorehkan hal tersebut ketika berusia 17 tahun 60 hari pada Bundesliga 2005-06.

9 dari 9 halaman

Amedeo Amadei - Serie A

Amedeo Amadei menjadi pencetak gol termuda di Serie A ketika berusia 15 tahun 287 hari. Ia melakukan hal tersebut ketika membela AS Roma pada tahun 1937. Rekor Amadei sulit dipecahkan karena jaran ada pemain berusia 15 tahun yang mencatatkan debut untuk tim senior pada saat ini.

 

Disadur dari: Bola.com

(Penulis: Aditya Wicaksono/Editor: Wiwig Prayugi, published 8/9/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Barcelona Waspada Penuh Jalani Laga Tandang Lawan Granada
Artikel Selanjutnya
Prediksi Granada vs Barcelona: Perbaiki Rekor Tandang