Sukses

12 Fakta Menarik setelah Arema FC Mempermalukan Persib Bandung

Kekalahan 1-5 dari Arema FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 menjadi pukulan telak bagi Persib Bandung yang tengah mencoba bangkit dari keterpurukan

Malang - Persib Bandung kembali menuai kekalahan. Usai dipermalukan Bali United 2-0 di Bandung, Maung Bandung dibantai Arema FC 1-5 dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kanjuruhan, Selasa (30/7/2019).

Kekalahan ini membuat Persib tak beranjak dari posisi ke-11 klasemen sementara dengan raihan 13 poin. Sementara Arema naik ke peringkat empat dengan raihan 18 poin.

Kekalahan telak ini tak terduga, banyak pengamat memprediksi duel bakal berlangsung alot. Namun, realitanya tidak seperti itu.

Pertandingan baru berjalan 4 menit, publik tuan rumah sudah bergemuruh menyambut gol Dendi Santoso.

Berawal dari Sylvano Comvalius yang mendapatkan bola kemudian melepaskan tembakan dari sisi kiri pertahanan Persib. Dendi yang berada di depan gawang Persib langsung menyundul bola.

Semenit berselang, Arema FC menggandakan keunggulan melalui Makan Konate. Mendapatkan umpan terobosan, Makan Konate berlari dari tengah lapangan dan melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang Persib.

Persib mendapatkan peluang pertama pada menit ke-28 melalui Ghozali Siregar. Berhasil lepas dari perangkap off-side, Ghozali melepaskan tembakan yang masih bisa diamankan Kartika Ajie.

Memasuki menit ke-40, Arema kembali membobol gawang Persib Bandung melalui aksi Arthur Cunha. Berawal dari tendangan bebas, Arthur menyundul bola yang gagal diantisipasi Aqil Savik. Skor 3-0 dbertahan hingga turun minum.

 Memasuki paruh kedua laga, Arema semakin agresif melancarkan serangan. Pada menit ke-68, Singo Edan menjauh melalui gol Rifaldi Bawuo. Memanfaatkan umpan silang Makan Konate, Rifaldi kemudian melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang Persib.

Publik tuan rumah semakin semarak pada menit ke-90 setelah Rifaldi kembali mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan silang Arthur Cunha, Rifaldi yang berdiri bebas menyundul bola ke arah atas gawang Persib.

Gol hiburan buat Persib Bandung akhirnya terwujud pada menit ke-90+2'. Tendangan melengkung Febri Haryadi dari sisi kiri pertahanan Arema kemudian merobek jala Kartika Ajie. Skor 5-1 untuk kemenangan Arema FC bertahan hingga peluit panjang.

Robert Alberts, pelatih Persib bakal berada dalam tekanan usai laga ini. Desakan dari bobotoh memintanya dipecat mulai bermunculan. Akankah karier nakhoda asal Belanda itu berakhir secara pahit di Maung Bandung?

Berikut ini Bola.com menyajikan 12 fakta unik menyangkut duel Arema FC Vs Persib. Simak di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persib Tetap Unggul Rekor Pertemuan

  • 1. Sepanjang 41 kali bertemu di semua kompetisi, Arema menang 13 kali, Persib menang 17 kali, dan 11 laga berakhir imbang.
  • 2. Pertemuan pertama Arema dengan Persib di Piala Jawa Pos II (13/9/1990). Saat itu Persib menang 3-0 (tidak ada data siapa pencetak golnya).
  • 3. Arema dan Persib terakhir bertemu di leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia 2018 (22/2/2019), yang berakhir sama kuat 2-2. Hasil itu membuat Arema gagal lolos ke babak selanjutnya karena kalah produktivitas gol tandang.
  • 4. Kekalahan terakhir Arema dari Persib terjadi di Liga 1 2018 (13/9/2018). Arema takluk 2-0 di kandang lawan lewat dua gol Atep Rizal 43′, dan Bojan Malisic 63′.
  • 5. Arema pernah kalah di kandang sendiri dari Persib, terjadi di Indonesia Super League (ISL) 2008-2009 (9/5/2009) dengan skor 2-0. Gol Persib dicetak Hilton Moreira 11′, dan Cristian Gonzales 62′.
  • 6. Kemenangan terbesar Arema atas Persib terjadi di babak 8 Besar Piala Indonesia 2010 (18/7/2010). Arema menang telak 3-0 di kandang berkat gol-gol Rachmat Afandi 57′, Pierre Njanka 69′ PK, dan Dendi Santoso 71′. 

 

3 dari 3 halaman

Kekalahan Tertelak Kedua Musim Ini

  • 7. Kekalahan 1-5 Persib saat berjumpa Arema FC jadi kekalahan telak kedua tertelak Maung Bandung musim ini. Sebelumnya mereka juga sempat dipecundangi 0-4 kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sebelum laga ini Persib juga kalah telak 0-2 kontra Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang.
  • 8. Makan Konate yang menyumbang sebiji gol saat Arema menang 5-1 kontra Persib notabene merupakan mantan pemain Maung Bandung. Sang pemain sukses mempersembahkan gelar Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015. Di Arema, sang gelandang serang juga sukses memenangi gelar Piala Presiden 2019.
  • 9. Gustavo Lopez menjadi top scorer Arema yang mampu menjebol gawang Persib tiga kali (1 gol dari penalti). Sedangkan di bawahnya masing-masing dengan dua gol adalah Samsul Arif, Noh Alam Shah, Dendi Santoso, Emaleu Serge, Charis Yulianto (1 gol dari penalti).
  • 10. Charis Yulianto, Cristian Gonzales, dan Makan Konate menjadi pemain yang pernah menjebol gawang Persib saat berkostum Arema. Sebaliknya mereka juga menjebol gawang Arema saat berkostum Persib.
  • 11. Usai laga ini Arema total menorehkan 21 gol dan kebobolan 15 gol (+6) lebih unggul produktivitas gol dari Persib yang baru mencetak 11 gol dan kebobolan 16 gol (-5).
  • 12. Jelang pertemuan ke-41 ini, di kubu Arema ada nama Makan Konate yang pernah berkostum Persib, Hanif Sjahbandi, dan Agil Munawar yang pernah menimba ilmu di Persib U-21. Sedangkan di kubu Persib ada banyak mantan pemain Arema, seperti Muhammad Natshir, Fabiano Beltrame, Ahmad Jufriyanto, Esteban Vizcarra, dan Dedi Kusnandar.

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.