Sukses

Sambut MotoGP Polandia, 6 Pembalap Penguji Jajal Sirkut KymiRing

Jakarta - Finlandia resmi menjadi penyelenggara balapan MotoGP mulai 2020. Para pembalap pun siap menguji lokasi balapan yakni Sirkuit KymiRing pada 19-20 Agustus 2019.   

Sirkuit KymiRing yang terletak di Iitti, Kymenlaakso, memiliki trek sepanjang 4,6 kilometer dengan lintasan reli 1,56 kilometer. Ada 18 tikungan di sirkuit tersebut. 

Finlandia sudah lama ingin dilibatkan dalam perhelatan MotoGP.  Pada awal Agustus 2017, bos Sirkuit KymiRing, Kari O Sohlberg, mengatakan Finlandia sangat berhasrat menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2019.

Finlandia terakhir kali menjadi tuan rumah ajang balap motor nomor satu di dunia tersebut pada 1982, alias 37 tahun yang lalu. Alhasil, kepastian kembali menjadi tuan rumah MotoGP disambut gembira publik Finlandia.  

Keenam pembalap penguji yang akan menjajal trek di Finlandia adalah Stfan Bradl (Honda), Michele Pirro (Ducati), Sylvain Guintoli (Suzuki), Jonas Folger (Yamaha), Bradley Smith (Aprilia), dan Mika Kallio (KTM).

Sirkuit KymiRing telah dipersiapkan sejak empat tahun lalu. Dorna, promotor MotoGP, telah menyepakati kontrak berdurasi lima tahun dengan KymiRing sejak 2017.

KymiRing sempat dijadwalkan menggelar MotoGP 2019. Sayang, cuaca yang tidak bersahabat yang menghantam Finlandia membuat pembangunan sedikit terhambat. Selain sirkuit MotoGP, KymiRing juga tengah memproyeksikan sirkuit Formula 1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Giliran Indonesia pada 2021

Dengan tambahan Finlandia, perhelatan MotoGP Finlandia akan terdiri atas 19 seri. Jadwal antarbalapan dipastikan bakal semakin padat. 

Selain Finlandia, penyelenggara MotoGP juga telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah seri MotoGP. Namun, Indonesia baru mengawali kiprah sebagai tuan rumah MotoGP pada 2021. 

Balapan MotoGP Indonesia akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Seri MotoGP Indonesia bakal menjadi momen istimewa karena dihelat di sirkuit jalan raya. 

 

Sumber: Bola.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS