Sukses

Prediksi PSIS Semarang vs Persela Lamongan: 3 Poin Harga Mati

Jakarta Duel sengit akan tersaji dalam lanjutan pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 yang mempertemukan tuan rumah PSIS Semarang menjamu Persela Lamongan di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (6/7/2019). Kedua tim membidik kemenangan, setelah mendapatkan hasil jeblok di laga sebelumnya.

PSIS Semarang membuang kesempatan meraih angka penuh di kandang sendiri, ketika menjamu Barito Putera, Minggu (30/6/2019), dalam laga pekan keenam. Meski bermain cukup baik, Laskar Mahesa Jenar hanya mampu mendulang satu poin karena dipaksa bermain imbang tanpa gol.

Menghadapi Persela Lamongan, PSIS sudah melakukan evaluasi pasca hasil imbang melawan Barito Putera. Penyelesaian akhir menjadi perhatian utama bagi Silvio Escobar dkk. Berkaca di laga Sebelum, PSIS memiliki banyak peluang, namun cukup sulit untuk mencetak gol.

Pelatih PSIS, Jafri Sastra, diperkirakan kembali memasang pemain pilarnya, termasuk peluang kembalinya dua pemain andalan, Septian David Maulana dan Hari Nur Yulianto. Kondisi terakhir dua pemain itu masih akan dilihat sebelum kembali ke posisi starting eleven.

Septian David Maulana dan Hari Nur Yulianto baru mendapatkan perawatan di rumah sakit. Septian David Maulana mengalami tifus sejak pekan keempat, sementara Hari Nur terkena gejala sakit serupa pasca melawan Barito Putera.

Jika keduanya memang harus absen, PSIS bakal memaksimalkan pemain alternatif, yakni Shohei Matsunaga di tengah dan Bayu Nugroho akan beroperasi di sektor sayap kiri. Silvio Escobar dan Komarodin mengisi barisan depan.

Trio gelandang Patrick Mota, Arthur Bonai, dan Shohei Matsunaga kembali diandalkan untuk sektor tengah. Sedangkan empat pemain belakang masih belum tergantikan, yakni Fredyan Wahyu Wallace Costa, Fauzan Fajri, dan Safrudin Tahar. Untuk penjaga gawang, Jandia Eka Putra akan menggantikan Joko Ribowo, yang tampil pada pekan sebelumnya.

"Kondisi pemain tidak ada masalah. Tinggal berharap David Maulana dan Hari Nur membaik dan bisa ditentukan main atau tidak. Kami juga sudah kehilangan lima poin di kandang sendiri, semua sudah sepakat jangan sampai terulang kembali," kata Jafri Sastra.

Jafri juga meminta kepada skuat PSIS Semarang untuk mewaspadai kebangkitan Persela, meski lawan berada di posisi dasar klasemen. Persela saat ini menjadi juru kunci dengan dua poin. Dari lima pertandingan yang sudah dijalani, Persela belum pernah menang.

"Apa pun yang terjadi tim lawan, lebih baik kami fokus ke tim sendiri. Semua harus diwaspadai termasuk kualitas tim pelatih lawan. Persela baru saja punya pelatih baru. Persela tim yang punya karakter," imbuh pelatih PSIS Semarang itu. 

2 dari 3 halaman

Tugas Berat Nil Maizar

Di kubu Persela, pertandingan ini akan menjadi debut bagi pelatih Nil Maizar yang menggantikan posisi Aji Santoso. Menariknya, Nil Maizar dan Jafri Sastra sama-sama berasal dari Sumatra Barat, keduanya akan beradu strategi dalam duel kali ini.

Mantan pelatih Semen Padang dan Timnas Indonesia tersebut mengemban tugas cukup berat, yakni segera membawa Persela keluar dari zona degradasi.

Di era Aji Santoso musim ini, Laskar Joko Tingkir belum sekalipun meraih kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dijalani. Persela hanya mencatat dua hasil imbang.

Untuk meladeni PSIS, Persela tak akan banyak melakukan perombakan seperti saat melawan Persebaya dalam pekan sebelumnya (2/7/2019). Dian Agus Prasetyo tetap dipercaya di bawah mistar gawang. Empat bek diisi Eky Taufik, Arif Satria, Zaenuri, dan Samsul Arifin.

Persela akan menumpuk pemain di lini tengah sepeti Yohanis Nabar, lucky Wahyu, Kei Hirose, Ahmad Subagja, dan Malik Risaldi. Ujung tombak Persela dipercayakan kepada striker Brasil, Alex dos Santos Goncalves.

Pelatih fisik Persela, Ragil Sudirman, menyatakan skuatnya termotivasi untuk bangkit dari keterpurukan. Kendati demikian, Persela wajib waspada dengan beberapa pemain pilar PSIS yang juga pernah berseragam timnya, yakni Matsunaga dan Wallace Costa.

"PSIS tim kuat, ada Matsunaga, Silvio Escobar, dan Wallace Costa yang bagus. Tapi, kami sudah siap untuk mengantisipasinya," kata Ragil Sudirman.

Ragil juga menambahkan Persela sedikit diuntungkan dengan dua pilar PSIS yang terancam absen, yakni nyawa lini tengah Septian David Maulana dan pemain sayap sekaligus kapten tim, Hari Nur Yulianto.

"Semoga kami juga bisa mengambil keuntungan jika Septian David Maulana dan Hari Nur absen," kata Ragil.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Fauzan Fajri, Safrudin Tahar (belakang); Arthur Bonai, Patrick Mota, Shohei Matsunaga (tengah); Komarodin, Bayu Nugroho, Silvio Escobar (depan)

Pelatih: Jafri Sastra

Persela Lamongan (4-5-1): Dian Agus Prasetyo (kiper); Eky Taufik, Arif Satria, Muhammad Zaenuri, Samsul Arifin (belakang); Yohanis Nabar, Lucky Wahyu, Kei Hirose, Ahmad Subagja Baasith, Malik Risaldi (tengah); Alex Dos Santos Goncalves (depan)

Pelatih: Nil Maizar

Loading
Artikel Selanjutnya
Piala Gubernur Jatim 2020: Persela Selamat dari Terkaman Sabah FA
Artikel Selanjutnya
Klasemen Piala Gubernur Jatim: Persija dan Arema FC Amankan Tiket Semifinal