Sukses

Lolos Final Piala Dunia U-20, Sepak Bola Korea Selatan Makin Siap Bersaing

Liputan6.com, Warsawa - Timnas Korea Selatan menaklukkan Ekuador 1-0 pada semifinal Piala Dunia U-20 di Lublin Stadium, Rabu (12/6/2019) dini hari WIB. Kemenangan ini membawa mereka ke ambang sejarah.

Korsel perpeluang menjadi tim Asia kedua yang memenangkan Piala Dunia di berbagai level usia. Syaratnya dengan menaklukkan Ukraina di Lodz Stadium, Sabtu (15/6/2019).

"Saya sudah melatih sepak bola junior lebih dari 10 tahun. Saya kini merasa sistem yang diterapkan sudah menunjukkan hasilnya," ungkap pelatih Korsel Chung Jung-yong, dilansir Yonhap.

"Ini merupakan capaian besar bagi sepak bola Korsel. Saya sangat bangga kami bisa bersaing melawan tim-tim terbaik dunia," sambungnya.

Hanya ada satu tim Asia yang pernah memenangkan Piala Dunia. Arab Saudi melakukannya pada 1989 pada FIFA U-16 World Championship yang kemudian menjadi Piala Dunia U-17.

Korsel juga tercatat sebagai tim Asia terbaik di level senior. Mereka mencapai semifinal Piala Dunia 2002 ketika menjadi tuan rumah bersama Jepang.

2 dari 3 halaman

Terus Tumbuh

Piala Dunia U-20 merupakan partisipasi ke-15 Korsel di level tersebut. Mereka lolos ke babak gugur setelah menjadi runner-up Grup F di bawah Argentina.

Lee Kang-in dan kawan-kawan lalu berturut-turut menumbangkan Jepang, Senegal, dan Ekuador untuk mencapai final.

"Pemain terus berkembang sepanjang turnamen. Kita akan lihat bagaimana kompetisi ini membuat mereka tumbuh," kata Chung.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Hasil Semifinal Piala Dunia U-20 2019: Korsel Lolos ke Final
Artikel Selanjutnya
Jadwal Semifinal Piala Dunia U-20: Korea Selatan Tantang Ekuador