Sukses

Profil Tim Liga 1 2019: Bhayangkara FC Bidik Posisi Tiga Besar

Bhayangkara FC banyak mengubah komposisi skuat, mulai pelatih hingga pemain untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Bhayangkara FC menatap Liga 1 2019 dengan keyakinan tinggi. The Guardian (julukan Bhayangkara FC) banyak mengubah komposisi skuat, mulai pelatih hingga pemain.

Bhayangkara FC telah ditinggalkan Simon McMenemy, pelatih yang membawa trofi juara Liga 1 2017. Arsitek asal Skotlandia itu merapat ke Timnas Indonesia. Sebagai pengganti, The Guardian memilih mantan pelatih Persebaya Surabaya dan Sriwijaya FC, Angel Alfredo Vera.

Materi pemain Bhayangkara FC juga berbeda seiring kedatangan Vera. Tiga dari empat pemain asing dilepas. Vladimir Vujovic memilih pensiun, Paulo Sergio hijrah ke Bali United, dan kontrak Elio Martins tidak diperpanjang.

Praktis, hanya Lee Yoo-joon, pemain asing Bhayangkara FC musim lalu, yang bertahan untuk Liga 1 2019. Pada pos pemain lokal, The Guardian menggaet sejumlah pemain berkualitas. Bek Timnas Indonesia U-23, Bagas Adi Nugroho, berhasil dibajak. Begitu pula sang pemain terlupakan, Dendy Sulistyawan, yang ditarik dari Persela Lamongan.

Sebelum berkiprah di Liga 1 2019, Bhayangkara FC lebih dulu mentas di Piala Indonesia dan Piala Presiden. Di Piala Indonesia, laju The Guardian terhenti di babak delapan besar dari tangan PSM Makassar. Herman Dzumafo dan kawan-kawan kalah gol tandang meski agregat sama 4-4.

Serupa di Piala Indonesia, perjuangan Bhayangkara FC di Piala Presiden juga berakhir di babak delapan besar. The Guardian dibantai Arema FC 0-4 dalam pertandingan dengan format satu leg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelatih

Muncul kekhawatiran tatkala Bhayangkara FC memercayai Vera, seorang pelatih yang notabene berpredikat gagal. Pada musim lalu, arsitek asal Brasil itu tidak mampu mengangkat performa Sriwijaya FC. Alhasil, tim berjulukan Laskar Wong Kito itu turun kasta ke Liga 2.

Kendati demikian, pamor Vera tetap terang. Pelatih berusia 46 tahun itu pernah berprestasi ketika membawa Persipura Jayapura menjuarai Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 dan Persebaya pada Liga 2 2017.

Manajemen membebani target tinggi terhadap Vera. Dia dituntut membawa The Guardian ke tiga besar pada akhir musim Liga 1 2019.

3 dari 4 halaman

Pemain Kunci

Anderson Salles

Bhayangkara FC berhasil mengalahkan Persija Jakarta dalam perburuan bek asal Brasil, Anderson Salles. Pemain berusia 30 tahun ini diyakini akan menjadi tembok kukuh bagi The Guardian pada musim depan.

Salles tak hanya jago dalam bertahan, tapi juga tajam saat menyerang. Tercatat, Salles mampu menjaringkan tiga gol di Piala Presiden 2019.

Dendy Sulistyawan

Dendy Sulistyawan akan mengarungi musim ketiga bersama Bhayangkara FC. Dalam dua tahun sebelumnya, penyerang berusia 22 tahun itu tampil dalam 33 pertandingan, namun hanya mengemas tiga gol.

Sempat dipinjamkan ke Persela Lamongan pada putaran kedua musim lalu, Dendy kembali menemukan ketajamannya. Dari 16 laga, pemain yang juga berstatus sebagai anggota kepolisian ini sukses mencatatkan sembilan gol.

4 dari 4 halaman

Komposisi Skuat

Skuat Bhayangkara FC 2019

Penjaga Gawang: Awan Setho Raharjo, Wahyu Tri Nugroho, Indra Adi Nugraha.

Belakang: Anderson Salles, Indra Kahfi, Jajang Mulyana, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Muhammad Fatchu Rochman, I Putu Gede Juni Antara.

Tengah: Arif Setiawan, T.M. Ichsan, Mahir Radja, Reksa Maulana, Sani Rizki Fauzi, Lee Yoo-joon, Muhamad Hargianto, Vendry Mofu, Rachmad Hidayat, Adam Alis Setyano, Alsan Putra Sanda, Wahyu Subo Seto.

Depan: Ilham Udin Armaiyn, Herman Dzumafo Epandi, Ichtio Ni Matul Akbar, I Made Adi Wirahadi, Muhammad Nur Iskandar.

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.