Sukses

Barcelona Juara Liga Spanyol Berturut-Turut, Valverde: Pekerjaan yang Berat

Jakarta Barcelona memastikan gelar La Liga 2018-2019 pada pertandingan ke-35 musim ini. Poin 83 yang dikumpulkan sejauh ini memang masih bisa disamai Atletico Madrid, yang membuntuti di peringkat kedua klasemen dengan poin 74. Namun, Barcelona tetap akan keluar sebagai kampiun karena unggul head to head dengan pasukan Diego Simeone itu.

Situasi itu membuka mata, jadi juara La Liga itu bukan hal gampang, bahkan buat tim selevel Barcelona. Setidaknya itu yang dirasakan sang pelatih, Ernesto Valderde.

Secara khusus, Barcelona dipaksa dengan segala daya agar bisa memenangi duel kontra Levante di Camp Nou, Minggu dini hari WIB (28/4/2019), yang cukup menentukan. Andai laga ini berujung kemenangan, pesta perayaan juara bisa langsung digelar. Jika tidak, terpaksa menunggu hingga laga berikutnya.

Valverde, yang ingin Barcelona menyegel gelar sebelum bersua Liverpool dalam semifinal Liga Champions, akhirnya menurunkan Lionel Messi di babak kedua. Hal itu lantaran babak pertama berakhir 0-0 dan hingga 10 menit babak kedua, Luis Suarez dkk. terlihat kesulitan menjebol gawang Levante, meski sudah melakukan berbagai upaya.

Keputusan itu membuah hasil positif. Lionel Messi jadi pencetak gol tunggal kemenangan dalam laga krusial itu pada menit ke-62.

"Memenangi titel dengan jarak seperti ini, melawan kompetitor-kompetitor ini, adalah sulit," kata Valverde setelah laga kontra Levante.

"Ini juga berat, melakukan hal ini dalam dua tahun beruntun."

"Kami senang, melihat orang-orang menikmatinya, itu memberikan kami kebanggaan," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Istirahatkan Messi

Perihal keputusannya memasukkan Messi, pelatih 55 tahun itu memberi penjelasan. Pasalnya, semula ia berencana mengistirahatkan Messi dalam duel Barcelona vs Levante ini demi pertandingan melawan Liverpool.

"Sudah jelas ia harus bermain," jelas Valverde.

"Kami punya pertandingan esok Rabu, dan kami harus aktif."

"Saya tahu ia akan masuk di babak kedua, dia datang dan mencetak gol karena dia bisa mencetak gol dari mana saja," lanjutnya.

Sumber: Marca

Loading
Artikel Selanjutnya
Juara La Liga, Barcelona Bikin 6 Rekor Baru
Artikel Selanjutnya
Sempat Cedera, Liverpool Siap Mainkan Firmino untuk Hadapi Barcelona