Sukses

3 Faktor Kunci untuk Timnas Indonesia U-23 Sukses di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020

Jakarta Timnas Indonesia U-23 akan memulai perjuangan di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada 22-26 Maret 2019. Ini menjadi ujian sesungguhnya buat pasukan Indra Sjafri, yang mengincar tiket tampil ke Piala AFC U-23 2020 di Thailand.

Memiliki waktu persiapan yang tak banyak, Timnas Indonesia U-23 menatap Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan percaya diri. Hal itu terjadi karena mayoritas skuat yang dimiliki tak banyak berbeda dengan skuat juara Piala AFF U-22 2019.

Hanya Todd Rivaldo Ferre dan Billy Keraf yang dipulangkan ke klubnya masing-masing. Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 kehadiran pemain anyar yang berkarier di luar negeri yakni Egy Maulana Vikri, Ezra Walian, dan Saddil Ramdani.

Dalam skuat tersebut, Indra Sjafri membawa 24 pemain. Nantinya, akan ada satu pemain yang dicoret di Vietnam. Indra Sjafri, optimistis nama-nama yang dibawanya adalah komposisi yang terbaik untuk Timnas Indonesia U-23.

"Tentu pemain yang kami pilih adalah pemain terbaik dan kami pantau semua perkembangan pemain dari awal mereka seleksi. Soal target, tentu kami ingin lolos ke putaran final, untuk itu kami akan berjuang keras dan maksimal di ajang ini," kata Indra Sjafri seperti dikutip situs resmi PSSI.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K bersama Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Mereka harus finis sebagai juara grup untuk bisa lolos langsung ke Piala AFC U-23 2020.

Timnas Indonesia U-23 akan memulai perjalanan di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan menghadapi Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3/2019). Mereka wajib meraih kemenangan untuk menjaga asa lolos.

Lantas, apa saja modal utama yang dimiliki Timnas Indonesia U-23? Berikut ini tiga faktor pendukung yang bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-23 untuk meraih kesuksesan di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Kepercayaan Diri Setelah Juara

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gelar juara Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand pada laga final di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Selasa (26/2). Indonesia menang 2-1 atas Thailand. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Indra Sjafri memiliki modal berharga menuju Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Pemain menatap turnamen tersebut dengan kepercayaan diri tinggi karena baru menjadi juara di Piala AFF U-22 2019.

Lawan yang akan dihadapi nanti pun merupakan tim yang pernah mereka kalahkan. Sebut saja Thailand yang ditaklukkan 2-1 di final dan Vietnam yang dikalahkan di babak semifinal dengan skor 1-0.

Catatan apik pada pertemuan sebelumnya setidaknya memberikan kepercayaan diri ektra. Jadi, pemain Timnas Indonesia U-23 sudah bisa menakar kekuatan dari lawan.

3 dari 4 halaman

Tambahan Amunisi Pemain

Pemain Timnas Indonesia U-23, Ezra Walian dan Egy Maulana, foto bersama seusai latihan di Lapangan ABC, Jakarta, Kamis (14/3). Latihan ini merupakan persiapan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 tidak mengalami perubahan. Bahkan, Indra Sjafri mendapatkan suntikan tiga pemain anyar.

Mereka adalah pemain berkualitas yang berkiprah di luar negeri. Sebut saja Ezra Walian, Egy Maulana Vikri, dan Saddil Ramdani yang jadi amunisi tambahan.

Kehadiran tiga nama ini tentu saja diharapkan membawa efek positif. Dengan demikian, bisa dipastikan permainan dan kualitas bermain Timnas Indonesia U-23 lebih menggigit ketimbang di Piala AFF U-22 2019.

4 dari 4 halaman

Hasil Uji Coba Positif

Gelandang Timnas Indonesia U-23 dan Bali United, Kadek Agung Widnyana Putra, menjadi kapten Tim Garuda Muda saat beruji coba menghadapi klubnya, Bali United, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (17/3/2019). (PSSI)

Timnas Indonesia U-23 juga memiliki modal berharga dari rangkaian uji coba jelang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Pada uji coba perdana melawan Semen Padang, pasukan Garuda Muda bermain imbang 2-2.

Namun, pada uji coba kedua melawan Bali United penampilan Timnas Indonesia U-23 berubah drastis. Mereka berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-0.

Hasil ini tentu saja menjadi modal berharga buat Timnas Indonesia U-23. Setidaknya bisa menambah kepercayaan diri untuk bisa menyapu bersih tiga laga penyisihan Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan kemenangan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kualifikasi Piala AFC U-23 2020: Timnas Indonesia U-23 Tak Bikin Thailand Takut
Artikel Selanjutnya
Terkait Status Ezra Walian, PSSI Tunggu Surat Balasan FIFA