Sukses

Presiden Jokowi: Indonesia Siap Gelar MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika

Indonesia akan menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, pada 2021.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia siap untuk menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ajang balap motor paling elit di dunia itu akan digelar pada 2021.

"Mr Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kami siap, baik dalam organisasi maupun menyiapkan infrastruktur menuju ke sana (gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika). Saya sampaikan Indonesia siap," ucap Presiden Jokowi setelah bertemu CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini.

Seperti diketahui, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 setelah Dorna dan Indonesia Tourim Development Corpotation menandatangani kerjasama. Penandatanganan itu dilakukan pada awal tahun ini.

Pengalaman Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 menjadi modal untuk menggelar MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika. Indonesia pun yakin bisa mengulang sukses seperti dua event internasional tersebut.

Terakhir kali, Indonesia menggelar MotoGP pada 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

MotoGP Indonesia Berbeda

Rencananya, MotoGP Indonesia 2021 menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan. Sirkuit tersebut akan dipadukan dengan keindahan alam Mandalika yang membuat MotoGP Indonesia berbeda dari yang sudah ada dan pantang dilewatkan.

"Mr Carmelo menyampaikan bahwa street circuit di Mandalika sangat indah karena berdekatan dengan pantai," kata Presiden Jokowi.

3 dari 3 halaman

Infrastruktur

Dalam waktu dekat, pemerintah akan segera menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan guna menunjang gelaran MotoGP 2021. Untuk diketahui, pembangunan sirkuit Mandalika yang berupa jalan raya sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di Mandalika.

Infrastruktur yang akan dibangun nantinya tidak hanya digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP, namun juga sebagai daya tarik wisata Mandalika. Seperti diketahui, Mandalika telah ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata baru Indonesia selain Bali.

"Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan. Selain olahraga juga pariwisata kita secara brand akan terangkat dan Mandalika akan mendapat manfaat karena investasi ini," tutup Presiden Jokowi.

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.