Sukses

AC Milan dan Inter Bersatu Bikin Stadion Baru

Liputan6.com, Milan - Proyek 'New San Siro' sebagai markas AC Milan dan Inter Milan semakin dekat dengan kenyataan. Laporan terakhir menyebutkan bahwa pemerintah setempat telah memberikan lampu hijau untuk pembangunan stadion yang akan rampung pada tahun 2023 tersebut.

Wacana soal pembangunan stadion baru itu sejatinya telah dibicarakan sejak lama. Namun, AC Milan dan Inter sempat bimbang apakah membuat stadion baru atau sekadar memugar San Siro saja.

Akhirnya keputusan sudah ditetapkan. Menurut laporan dari media Italia, La Reppublica, San Siro akan diruntuhkan dan markas Inter serta AC Milan bakal dibangun di atasnya.

Dalam penjelasan lebih lanjut, disebutkan bahwa San Siro yang baru nantinya mampu menampung 60 ribu penonton. Selain itu, bangku penonton nantinya juga akan diletakkan berdekatan dengan lapangan sehingga mereka bisa menyaksikan dengan pandangan yang lebih baik.

Biaya yang harus dikeluarkan sendiri diprediksi mencapai 600 juta euro, melebihi dari biaya yang harus dikeluarkan Real Madrid saat memugar Santiago Bernabeu dulu. Hak penamaannya sendiri nanti diyakini bisa mencapai angka 25 juta euro per tahunnya.

La Reppublica menambahkan bahwa 'New San Siro' nantinya akan dilengkapi oleh banyak fasilitas. Di antaranya adalah area konser dan acara berkapasitas lima ribu penonton dan kompleks perbelanjaan yang mengelilingi stadion.

Dua sosok penting dari Milan serta Inter, Ivan Gazidis dan Alessandro Antonello, disebut sedang berada di Amerika Serikat pada saat ini. Mereka diyakini akan mencari investor untuk memberikan sokongan dana untuk memuluskan proses pembangunan.

 

2 dari 2 halaman

Titik Balik Milan dan Inter

Pembangunan stadion baru itu sendiri diharapkan akan menjadi titik balik Milan dan Inter yang belakangan ini cukup kesulitan untuk memenuhi titahnya sebagai klub raksasa Italia. Seperti yang diketahui, kedua klub tersebut sedang menjalani masa-masa berat.

Inter Milan, yang telah bersusah payah untuk lolos ke Liga Champions, gagal melaju ke babak 16 besar dan kini terdampar di Liga Europa. Nasib Milan bahkan lebih mengenaskan, di mana mereka dipastikan tersingkir dari ajang Liga Europa sejak fase grup.

Juventus adalah klub yang paling merasakan dampak positif dari stadion baru. Sejak Juventus Stadium rampung pada tahun 2011 lalu, mereka kini semakin mendominasi dan tak pernah absen meraih gelar juara Serie A hingga tahun 2018 kemarin.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini: