Sukses

Manchester City Lebih Tokcer Ketimbang Liverpool di 2019

Manchester - Manchester City kembali menguasai puncak klasemen Liga Inggris. Mereka disebut lebih layak untuk menjadi yang teratas karena menorehkan hasil lebih gemlang sejak awal 2019.

The Citizens menorehkan hasil yang kurang memuaskan pada akhir 2018. Klub asuhan Pep Guardiola tersebut menelan tiga kekalahan dan empat kemenangan dari tujuh pertandingan pada Desember tahun lalu.

Mereka takluk 0-2 dari Chelsea, kalah 2-3 dari Crystal Palace, dan menyerah 1-2 dari Leicester City. Sementara itu, kemenangan didapat saat bersua Bournemouth (3-1), Watford (2-1), Everton (3-1), dan Southampton (3-1).

Di sisi lain, Liverpool tampil trengginas pada Desember 2018. Skuat Si Merah berhasil menyapu bersih kemenangan dalam tujuh pertandingan yang berlangsung pada bulan tersebut.

Catatan itu membuat Manchester City tercecer ke peringkat tiga klasemen sementara Premier League. Hingga pekan ke-20, mereka mengoleksi 44 poin, terpaut tujuh angka dari Liverpool yang nyaman berada di posisi teratas.

"Kami percaya, apakah itu menang atau kalah. Tentu, kini kami harus kembali menang jika ingin berjuang untuk memperebutkan trofi," ujar manajer City, Pep Guardiola, pada akhir tahun lalu.

"Bagi saya, pemain merupakan pahlawan. Tidak ada yang berubah. Yang ada hanya pertandingan demi pertandingan yang terus datang," lanjut Pep Guardiola yang mulai menangani Manchester City sejak awal musim 2016-2017.

 

2 dari 4 halaman

Manchester City Tancap Gas Sejak Awal 2019

Memasuki 2019, The Citizens berhasil bangkit dan mengejar ketertinggalan. Man City meraih lima kemenangan dan hanya sekali menelan kekalahan dalam enam laga terakhir, periode Januari hingga awal Februari tahun ini.

Satu-satunya kekalahan tersebut didapat ketika bertandang ke markas Newcastle United di St. James' Park, 30 Januari 2019. Saat itu, City menyerah 1-2 dari Newcastle.

Sementara itu, lima kemenangan diraih pada laga melawan Liverpool (2-1), Wolverhampton Wanderers (3-0), Huddersfield Town (3-0), Arsenal (3-1), dan teranyar Everton (2-0).

Hasil berbeda dipetik oleh Liverpool. Mereka tampil kurang meyakinkan pada awal 2019, karena hanya meraih dua kemenangan, dua hasil imbang, dan sekali kalah dalam lima pertandingan terakhir.

Torehan itu pun membuat Manchester City kini mengambil alih puncak klasemen sementara Premier League dari tangan Liverpool. City mendulang 62 poin, unggul selisih gol atas The Reds di peringkat kedua.

"Itu (merasa tertekan) adalah pertanyaan untuk Liverpool. Kami adalah pemimpin klasemen. Masih ada 12 pertandingan yang harus dimainkan, dan banyak poin untuk didapat," kata Guardiola.

3 dari 4 halaman

Posisi City Masih Belum Aman

Meski begitu, Liverpool masih berpeluang mengambil alih puncak klasemen dari Manchester City. The Reds akan kembali ke posisi teratas jika meraih kemenangan atas Bournemouth pada laga pekan ke-26 Premier League, di Stadion Anfield, Sabtu (9/2/2019).

Sementara itu, Man City bakal bersua lawan yang tak mudah, yakni Chelsea. Duel tersebut akan dihelat di Stadion Etihad pada Minggu (10/2/2019).

"Sekarang datang ujian besar, tujuan besar. Chelsea adalah tim luar biasa yang harus menjalani persiapan selama tujuh hari," papar Pep Guardiola.

"Kami harus bersiap dengan baik. Ini benar-benar laga final bagi kami akhir pekan ini. Jika kami dapat meraih poin, ini adalah langkah maju yang besar," imbuh manajer asal Spanyol tersebut.

4 dari 4 halaman

Performa Manchester City dan Liverpool pada Awal 2019

Manchester City

  • 04/01/19 Manchester City 2 - 1 Liverpool
  • 15/01/19 Manchester City 3 - 0 Wolverhampton Wanderers
  • 20/01/19 Huddersfield Town 0 - 3 Manchester City
  • 30/01/19 Newcastle United 2 - 1 Manchester City
  • 03/02/19 Manchester City 3 - 1 Arsenal
  • 07/02/19 Everton 0 - 2 Manchester City

Liverpool*

  • 04/01/19 Manchester City 2 - 1 Liverpool
  • 12/01/19 Brighton and Hove Albion 0 - 1 Liverpool
  • 19/01/19 Liverpool 4 - 3 Crystal Palace
  • 31/01/19 Liverpool 1 - 1 Leicester City
  • 05/02/19 West Ham United 1 - 1 Liverpool

*Liverpool masih mengantongi satu laga yang belum dimainkan

Sumber: Berbagai sumber

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City
  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool
  • Premier League
  • Bola.com
Loading
Artikel Selanjutnya
Tajam di Bundesliga, Werner Merasa Belum Pantas Gabung Liverpool
Artikel Selanjutnya
Diego Simeone Akui Terapkan Strategi Parkir Bus Saat Lawan Liverpool