Sukses

FIM Rilis Aturan Anyar soal Restart Balapan di MotoGP 2019

Liputan6.com, Jakarta Komisi Grand Prix FIM akhirnya merilis aturan anyar terkait start ulang atau restart balapan saat terjadi gangguan di MotoGP 2019. Seperti diketahui, balapan terkadang dihentikan sementara karena adanya bendera merah atau cuaca buruk.

FIM mengklarifikasi lagi soal pembalap mana yang tergolong aktif, terhenti dan diizinkan restart usai pertemuan di Madrid. Klarifikasinya ditekankan pada hal dari mana pembalap start usai restart balapan.

Beberapa poin dari peraturan lama MotoGP masih dipertahankan. Namun posisi start pembalap yang saat balapan tertinggal 1 lap berbeda dengan pembalap yang ada di posisi depan.

Mereka masih diizinkan untuk restart balapan tapi memulainya dari pit lane. Sedangkan pembalap yang saat balapan tertinggal dua lap atau lebih kini tak diizinkan lagi untuk meneruskan balapan.

 

 

2 dari 3 halaman

Hasil Balapan

Regulasi sekarang juga memungkinkan untuk digelarnya restart berkali-kali. Namun kalau balapan tak memungkinkan untuk dimulai lagi, maka hasil balapan dilihat dari balapan sebelumnya.

Namun keputusan itu juga diambil kalau balapan sudah berlangsung minimal 5 lap.

3 dari 3 halaman

Jadwal MotoGP 2019

10 Maret: Qatar

31 Maret: Argentina

14 April: Austin, Amerika Serikat

5 Mei: Jerez, Spanyol

19 Mei: Le Mans, Prancis

2 Juni: Mugello, Italia

16 Juni: Barcelona

30 Juni: Assen

7 Juli:Sachsenring

4 Agustus: Brno

11 Agustus: Red Bull Ring, Austria

25 Agustus: Silverstone

15 September: Misano

22 September: Aragon

6 Oktober: Buriram

20 Oktober: Motegi

27 Oktober: Phillip Island

3 November: Sepang

17 November: Valencia