Sukses

Liga Champions: Data dan Fakta Barcelona vs Tottenham Hostpur

Barcelona sudah lolos ke babak gugur Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona menghadapi Tottenham Hotspur pada matchday 6 Grup B Liga Champions 2018/19, Rabu (12/12/2018) dini hari WIB. Berikut data dan fakta partai di Camp Nou ini.

Klasemen sementara: Barcelona (13 poin), Tottenham (7), Inter Milan (7), PSV Eindhoven (1). Partai lainnya: Inter Milan vs PSV Eindhoven.

* Barcelona sudah pasti lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup B. Apapun hasil akhir laga ini takkan berpengaruh apa-apa buat mereka.

* Tottenham berada di urutan kedua karena unggul head-to-head away goalsatas Inter Milan. Tottenham akan lolos mendampingi Barcelona jika menang, atau jika Inter tak mengumpulkan poin lebih banyak daripada mereka di matchday pemungkas ini.

* Pada matchday 2, Barcelona mengalahkan Tottenham di Wembley dengan skor 4-2. Tuan rumah mencetak dua gol lewat Harry Kane dan Erik Lamela, sedangkan Barcelona menang melalui gol-gol Philippe Coutinho, Ivan Rakitic serta brace Lionel Messi.

* Lionel Messi memimpin daftar top scorer sementara Liga Champions musim ini bersama Robert Lewandowski (Bayern Munchen) dengan torehan masing-masing enam gol.

* Lionel Messi, yang di La Liga akhir pekan kemarin mencetak dua gol ketika Barcelona mengalahkan Espanyol, telah mengukir 17 gol dalam 16 penampilan untuk Blaugrana di semua kompetisi musim ini.

* Barcelona hanya kalah sekali dalam 16 laga terakhirnya di Liga Champions (M10 S5 K1). Satu-satunya kekalahan itu adalah 0-3 melawan tuan rumah AS Roma di leg kedua babak perempat final musim lalu.

* Barcelona tak terkalahkan dalam 28 laga kandang terakhirnya di Liga Champions (M26 S2 K0), sejak September 2013. Jika tak kalah lawan Tottenham, maka Barcelona akan menyamai rekor kompetisi (29) yang diukir oleh Bayern Munchen antara Maret 1998 dan April 2002.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Lain

* Laga kandang terakhir Barcelona melawan klub Inggris adalah melawan Chelsea di leg kedua babak 16 besar musim lalu, menang 3-0 dan lolos dengan agregat 4-1.

* Barcelona selalu menang dalam lima laga kandang terakhirnya melawan klub-klub Inggris.

* Rekor kandang Barcelona melawan klub-klub Inggris adalah M20 S11 K2.

* Barcelona selalu menang dan selalu mencetak dua gol atau lebih dalam empat laga terakhirnya di semua kompetisi.

* Barcelona hanya kalah sekali dalam 15 laga terakhirnya di semua kompetisi (M10 S4 K1).

* Penampilan Sergio Busquets berikutnya akan menjadi penampilannya yang ke-100 di Liga Champions, fase grup hingga final.

* Luis Suarez menyumbang satu gol ketika Barcelona mengalahkan Espanyol 4-0 akhir pekan kemarin. Sebelum itu, striker Uruguay tersebut melalui lima laga beruntun tanpa gol untuk klub dan timnas.

* Tottenham hanya menang empat kali dalam 17 laga tandang terakhirnya di Eropa (M4 S6 K7).

* Dalam laga tandang terakhirnya melawan klub Spanyol, yakni melawan Real Madrid di fase grup Liga Champions musim lalu, Tottenham meraih hasil imbang 1-1.

* Tottenham belum pernah menang di Spanyol (M0 S2 K3).

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik

* Akhir pekan kemarin, Tottenham mengalahkan tuan rumah Leicester City 2-0 lewat gol-gol Son Heung-Min dan Dele Alli. Dengan hasil itu, berarti Tottenham memenangi delapan dari sembilan laga terakhirnya di semua kompetisi (M8 S0 K1). Satu-satunya pengecualian adalah kekalahan 2-4 di kandang Arsenal pada 2 Desember.

* Gol Dele Alli kontra Leicester adalah golnya yang ke-50 untuk Tottenham.

* Tottenham memenangi tujuh dari sembilan laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M7 S1 K1).

* Rekor tandang Tottenham di semua kompetisi musim 2018/19 sejauh ini adalah M9 S1 K3.

* Harry Kane sudah mencetak empat gol dalam lima penampilan untuk Tottenham di Liga Champions musim ini.

* Harry Kane mencetak tujuh gol dalam sepuluh penampilan terakhirnya untuk Tottenham di semua kompetisi.

 

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.