Sukses

Piala AFF 2018: Diunggulkan, Vietnam Tak Remehkan Malaysia

Liputan6.com, Hanoi - Vietnam dalam posisi diunggulkan saat menjamu Malaysia pada laga lanjutan Grup A Piala AFF 2018 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Jumat (16/11/2018). Namun, hal itu tak berarti Vietnam bakal menganggap enteng Malaysia.

Sejak sebelum dimulainya Piala AFF 2018, Vietnam telah dianggap sebagai salah satu favorit juara. Di antara semua peserta, Vietnam memang mungkin tim yang memiliki skuat paling lengkap. Bisa dibilang, saat ini mereka sedang diperkuat generasi emas, khususnya untuk para pemain muda mereka.

Di Piala AFF 2018, skuat Vietnam Vietnam masih dihiasi para pemain di Piala AFF 2016, seperti Tran Dinh Trong, Que Ngoc Hai, Bui Tien Deng, hingga deretan penyerang energik Nguyen Van Quyet, Nguyen Cong Phuong, dan Nguyen Anh Duc. Lalu, pelatih Park Hang-seo juga menyertakan para pemain Vietnam U-23.

Seperti diketahui, Vietnam U-23 telah menciptakan kejutan di Piala AFC U-23 2018 dengan melaju hingga babak final. Sayang, mimpi mereka untuk membawa pulang gelar harus kandas akibat kekalahan 1-2 dari Uzbekistan pada final yang dihelat hingga babak tambahan itu.

Ditambah, mereka mengawali petualangan di Grup A Piala AFF 2018 dengan kemenangan 3-0 atas Laos di New Laos National Stadium, Kamis (8/11/2018). Bahkan, pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe tak sungkan menilai mereka sebagai favorit pemenang. Namun, Hang-seo tak mau timnya terlena dengan status itu.

"Saya tidak yakin Malaysia datang ke sini hanya untuk mengambil satu poin. Jika Anda melihat hasil pertemuan kedua tim selama bertahun-tahun, itu menunjukkan bahwa kita tak cukup dengan imbang dan berharap untuk menang," ujar Van Quyet, dikutip AFF Suzuki Cup.

 

2 dari 3 halaman

Dukungan Suporter

Melihat rapor Malaysia sejauh ini, mereka memang bukan tim yang bisa dianggap remeh. Meski belum begitu meyakinkan, tim Negeri Jiran itu sudah meraup enam poin dari dua pertandingan.

Setelah menang 1-0 atas Kamboja berkat gol Norshahrul Idlan Talaha, Malaysia menaklukkan Laos 3-1. Dua gol di antaranya diborong Norshahrul dan satu gol lainnya dilesakkan Mohd Zaquan Adha. Berkat dua kemenangan itu, jalan Malaysia menuju semifinal semakin lapang.

"Kami menghormati Malaysia, tapi kami memiliki banyak fans di belakang kami. Jadi kami harus bermain dengan semangat juang dan tak mempedulikan lawan. Kami harus berjuang hingga akhir," tutur kapten Vietnam, Van Quyet.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup A