Sukses

Menpora Gelorakan Sepeda Nusantara di Kebumen

Menpora senang gerakan Sepeda Nusantara semakin gencar disukai masyarakat.

Liputan6.com, Kebumen - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi melepas para peserta Sepeda Nusantara yang sudah memasuki etape Kebumen pada Minggu (11/11/2018). Ribuan pesepada memadati alun-alun kebumen untuk ikut Sepeda Nusantara yang berjarak 20 km dan finis di pantai petanahan.

Bersama Wakil Bupati Kebumen,Yazid Yazid Mahfudz, Menpora mengibarkan bendera start tanda Sepeda Nusantara dimulai.Rute yang ditempuh adalah Alun-alun Kebumen, Jalan Ronggowarsito Pejagoan, Jalan Kedaung, menuju Jalan Partigaan, Jalan Kedungsari mengarah ke jalan Dnendels, Jalan Lingkar Selatan.

Setelah itu para peserta melalui Jalan Tanggulangin hingga finis di Pantai Petanahan.

"Alhamdulilah saya bersykur bisa menghadiri Sepeda Nusantara di Kebumen ini. Saya berkeliling ke seluruh Kabupaten Indonesia untuk menggerakkan masyarakat agar sehat lewat Sepeda Nusantara sekaligus mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahaga. Saya senang di Kebumen pesertanya banyak," kata Imam seperti rilis yang diterima media.

Menpora berharap peserta tidak hanya ikut olahraga saat Sepeda Nusantara. Dia ingin agar masyarakat terus mencintai olahraga.

"Sudah barang tentu melalui olahraga akan menyehatkan. Berolahraga bisa apa saja. Bisa lari, bersepeda, senam, jalan kaki. Dan yang penting kita sehat dan berkeringat," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimulai Oleh Presiden

Sepeda Nusantara ini menurut Menpora, merupakan kelanjutan dari kebiasaan Presiden yang turut serta mengimbau masyarakat untuk berolahraga.

"Kemana-mana Presiden selalu memberikan sepeda pada siapa saja. Presiden menyampaikan kepada saya untuk mengatakan kepada masyarakat agar bersepeda. Siapa tahu masing-masing Kabupaten punya kebijakan hari bersepeda. Misalkan setiap Senin bersepeda di Kebumen. Jadi ke kantor atau keluar rumah bersepeda," ucapnya.

"Kedepannya jika ada anak-anak kita yang mau jadi atlet kita harus mendukungnya. Pemerintah terus memberikan penghargaan dan kehormatan pada seluruh pahlawan-pahlawan olahraga yang mampu berprestasi," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Digelar Serempak

Di sisi lain, Sepeda Nusantara pada pekan ini secara serempak digelar di tujuh titik. Selain di Kebumen, program dibawah Kedeputian Pembudayaan Olahraga itu juga berlangsung di Banyumas, Berau, Biereun, Lampung Timur, Lombok Barat dan Sragen.

"Saya senang peserta kegiatan Sepeda Nusantara di berbagai titik begitu banyak dan antusias, bahkan tak hanya di daerah ini, namun di Banyumas, Berau, Biereun, Lampung Timur, Lombok Barat dan Sragen juga banyak diikuti masyarakat,"ucapnya.

"Itu artinya kesadaran masyarakat untuk selalu sehat dengan berolahraga sudah tumbuh kuat, sehingga tujuan dari program Sepeda Nusantara ini tercapai, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Alhamdulillah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.