Sukses

AFF 2018: Jelang Lawan Timnas Indonesia, Timor Leste Akui Punya Masalah

Liputan6.com, Bangkok - Usai dipermalukan Thailand, Timor Leste akan menghadapi Timnas Indonesia di laga kedua Grup B Piala AFF 2018. Sayang, pelatih Norio Tsukitate tak memiliki banyak waktu untuk membenahi masalah timnya.

Sebelum melawan Timnas Indonesia, Timor Leste mengawali laga perdana Grup B Piala AFF 2018 dengan melawan Thailand di Rajamangala National Stadium, Jumat (9/11/2018). Di laga itu, Timor Leste harus menelan hasil yang menyedihkan.

Gawang Timor Leste kawalan Aderito Raul Fernandes kebobolan hingga tujuh kali. Enam gol di antaranya dicetak Adisak Kraisorn. Satu gol lain Thailand dibukukan Supachai Jaided.

Tentu, kekalahan itu jadi catatan besar Timor Leste sebelum menghadapi Timnas Indonesia pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11/2018). Sayangnya, waktu yang mereka miliki untuk mempersiapkan diri juga tak begitu banyak.

"Saya tahu kami memiliki beberapa masalah. Tapi ini adalah penampilan yang bagus dari tim. Thailand terlalu kuat. Dengan lebih banyak pelatihan dan pengalaman, mungkin hasilnya akan berbeda," kata Tsukitate, dilansir situs AFF Suzuki Cup.

"Setelah pertandingan, saya tak punya cukup waktu untuk memikirkan pertandingan selanjutnya. Saya tak bisa memikirkan soal taktik atau apa pun, tapi mungkin nanti," ia menambahkan.

2 dari 3 halaman

Butuh Waktu

Sekadar catatan, ini adalah penampilan perdana Timor Leste di Piala AFF sejak tersingkir di fase grup edisi 2004. Pada lima edisi setelahnya, Timor Leste tak pernah mampu lolos kualifikasi.

Jadi, tak mengherankan jika Timor Leste kesulitan menghadapi permainan Thailand yang notabene tim dengan koleksi gelar terbanyak Piala AFF. Dalam catatan Tsukitate, masalah utama timnya ada di lini belakang.

"Saya memberitahu pemain untuk lebih banyak menyerang, untuk mengambil posisi yang lebih tinggi, menekan lebih di atas lapangan, dan agresif. Tapi tentu saja, kami punya masalah dalam pertahanan dan saya perlu waktu untuk memikirkan hal ini," ia menegaskan.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup B Piala AFF 2018

1. Thailand 1 1 0 0 7-0 3

2. Singapura 1 1 0 0 1-0 3

3. Filipina 0 0 0 0 0-0 0

4. Indonesia 1 0 0 1 0-1 0

5. Timor Leste 1 0 0 1 0-7 0

Timnas Indonesia, Kapan Juara di Piala AFF?

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bima Sakti Ungkap Penyebab Stefano Lilipaly Tampil Kurang Maksimal
Artikel Selanjutnya
Bima Sakti Segera Mengevaluasi Timnas Indonesia sebelum Hadapi Timor Leste