Sukses

Alfred Riedl Jagokan Timnas Indonesia Juarai Piala AFF 2018

Selain timnas Indonesia, Riedl juga menjagokan Vietnam di Piala AFF 2018.

Jakarta - Alfred Riedl ternyata masih mengikuti perkembangan sepak bola di Asia Tenggara. Mantan pelatih timnas Indonesia asal Austria ini pun coba menganalisis persaingan di Piala AFF 2018.

Pria gaek kelahiran 2 November 1949 punya dua tim jagoan yang ia yakini bisa merajai Piala AFF.  Ia menilai Indonesia dan Vietnam memiliki peluang besar menjadi yang terbaik di edisi turnamen kali ini.

Thailand sebagai juara bertahan tak akan diperkuat oleh beberapa pemain bintang mereka, yakni empat pemain yang berkiprah di luar liga Thailand.

"Biasanya di Piala AFF, Thailand selalu diakui sebagai kandidat teratas untuk kejuaraan, tetapi di Piala AFF 2018 saya pikir Vietnam atau Indonesia akan memiliki peluang besar untuk memenangkan piala ini,” ujar Riedl, dalam sesi wawancara dengan media digital Vietnam, The Thao Van Hoa.

Alfred yang sukses mengantar Timnas Indonesia menembus final Piala AFF 2016 lalu punya alasan tak menempatkan Thailand sebagai kandidat utama jawara. 

“Menurut informasi yang saya dapat, Federasi Sepakbola Thailand berencana untuk datang ke Piala AFF dengan tim cadangan. Saya pribadi tidak tahu mengapa mereka membuat keputusan ini. Tapi jelas akan sangat berpengaruh pada peluang tim untuk menjuarai Piala AFF 2018,” ujar Alfred.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkejut Kehadiran Eriksson

Pelatih yang dikenal sebagai sosok tegas mengu terkejut dengan keputusan Filipina menunjuk mantan pelatih top asal Swedia, Sven-Goran Eriksson.

“Saya telah memantau perkembangan berita tentang sepak bola Asia, tetapi tidak terlalu memikirkan hal seperti ini bisa terjadi di Piala AFF. Mengejutkan ketika mendengar kabar Filipina menunjuk Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih tim nasional,” tutur pria berusia 68 tahun itu.

 

3 dari 3 halaman

Pembeda

Alfred Riedl melihat kehadiran Eriksson, yang pernah menukangi Timnas Inggris, di kubu The Azkals akan menyajikan sebuah pembeda.

“Hanya enam tim yang dapat menciptakan persaingan nyata di Piala AFF 2018 dan saya pikir Filipina dapat membuat perbedaan dan mendapatkan hasil yang baik jika semua pemain dalam skuat mereka berasal dari luar negeri,” imbuh Riedl.

Di ajang Piala AFF 2018, persaingan penyisihan Grup A diramaikan Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja dan Laos. Sementara di Grup B dihuni Thailand, Filipina, Timor Leste, dan Singapura.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.